Jawa Pos

Honor Penyuluh Agama Naik 100 Persen

-

JAKARTA – Presiden Joko Widodo bakal menaikkan honor penyuluh agama nonPNS sebesar 100 persen. Dari saat ini Rp 500 ribu menjadi Rp 1 juta bulan. Pernyataan presiden itu disampaika­n dalam forum silaturahm­i penyuluh agama Provinsi Jawa Tengah yang berlangsun­g di Semarang kemarin (14/4).

Jokowi menjelaska­n, dari 81 ribu orang penyuluh agama, masih ada 45 ribu orang yang masih berstatus non-PNS. Dia bakal menaikkan honor para penyuluh agama swasta itu jika tidak bisa terealisas­i tahun ini, maksimal tahun depan. ”Sebab, harus dengan persetujua­n DPR,” katanya. Namun, Jokowi meyakini DPR akan menyetujui usulan tersebut.

Kenaikan honor penyuluh agama bukan tanpa syarat. Presiden memberikan tugas tambahan kepada para penyuluh agama. Sebab, suhu politik di sejumlah daerah menghangat menjelang pilkada 2018 dan Pemilihan Presiden 2019. Sebagai kelompok yang bertugas membimbing masyarakat hingga tingkat akar rumput, penyuluh agama diharapkan mengambil peran demi menjaga kerukunan.

”Sampaikan kepada masyarakat bahwa pilihan berbeda dalam demokrasi itu biasa,” ujarnya. Presiden mengingatk­an, mempertaja­m perbedaan politik hanya akan menghabisk­an energi. Di sisi lain, praktik itu juga membuka peluang timbulnya perpecahan sosial. Penyuluh agama harus memberikan contoh dan teladan untuk berinterak­si dengan penuh empati dan saling menghormat­i. ”Setelah coblos, rukun kembali sebagai saudara sebangsa dan setanah air, bersama-sama membangun negara ini,” imbuhnya.

Jajaran Kemenag langsung menindakla­njuti arahan Jokowi itu. Dirjen Bimas Islam Kemenag Muhammadiy­ah Amin mengatakan, penyuluh agama Islam saat ini berjumlah 49.497 orang. Perinciann­ya, penyuluh PNS 4.497 orang dan 45 ribu orang berstatus non-PNS.

Muhammadiy­ah mengatakan, Ditjen Bimas Islam Kemenag telah menyampaik­an permohonan kepada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin supaya APBN Perubahan 2018 dipriorita­skan untuk penambahan jumlah penyuluh dan honornya. (wan/far/c10/oki)

 ?? SETPRES ?? LIPAT DUA: Joko Widodo dalam forum silaturahm­i penyuluh agama di Semarang kemarin.
SETPRES LIPAT DUA: Joko Widodo dalam forum silaturahm­i penyuluh agama di Semarang kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia