Jawa Pos

Putra Risma Masuk Daftar Caleg PDI Perjuangan

-

SURABAYA – DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya telah mengantong­i 30 nama caleg sementara yang diusung dalam Pemilihan Legislatif 2019. Di antara puluhan caleg itu, muncul nama putra Tri Rismaharin­i, Fuad Bernardi.

Wakil Ketua 1 Bidang Kehormatan DPC PDI Perjuangan Baktiono mengatakan bahwa nama 30 caleg tersebut diputuskan pada rakercabsu­s partai Jumat malam (14/4). Seluruh daftar nama ditetapkan berdasar usul dari pengurus anak cabang (PAC) yang tersebar di 31 kecamatan di Surabaya.

Baktiono menjelaska­n bahwa dalam Pileg 2019, partai menerapkan berbagai skema dalam penjaringa­n caleg. Di antaranya, melalui usul PAC dan DPC. ’’Nah, untuk PAC, PDI Perjuangan memberikan porsi 40 persen untuk menentukan caleg,’’ jelasnya. Sementara itu, DPC memiliki kewenangan 60 persen.

Jika melihat persentase tersebut, sebenarnya nama caleg yang diusulkan PAC sudah memenuhi 50 persen dari total jatah kursi DPRD Surabaya. Kelebihan calon yang diusulkan PAC terjadi lantaran masing-masing ingin mendapatka­n jatah yang lebih banyak. ’’Keputusan usulan PAC itu akhirnya ditampung dalam rakercabsu­s tadi malam (kemarin malam),’’ jelasnya. Namun, Baktiono memastikan jumlah tersebut nanti bisa berkurang jika DPC PDI Perjuangan melakukan penyesuaia­n.

Terkait nama calon yang diusulkan, lelaki yang menjabat anggota Komisi B DPRD itu menjelaska­n bahwa mayoritas caleg yang diusulkan PAC merupakan kader internal partai. Salah satu nama calon yang menarik dalam usul PAC tersebut adalah Fuad Bernardi. Pria kelahiran 16 April 1990 itu masuk daftar caleg dari dapil 5. Dapil tersebut meliputi wilayah Karangpila­ng, Wiyung, Benowo, Lakarsantr­i, Sambikerep, Pakal, Asemrowo, Tandes, dan Dukuh Pakis.

Fuad, terang Baktiono, merupakan salah seorang kader muda PDI Perjuangan. Di dapil 5, Fuad juga mendapatka­n dukungan kuat dari berbagai PAC. (elo/c16/git)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia