Jawa Pos

Kembangkan Area Mixed-use di Kenjeran

-

SURABAYA – Pemkot melihat potensi berkembang­nya kawasan pesisir di Kenjeran. Rencananya, lahan seluas 6 hektare dikembangk­an menjadi mixed-use developmen­t di sana. Pemkot sudah mengganden­g pengembang. Kini pemkot juga akan melibatkan warga untuk mewujudkan­nya.

Pengembang­an kawasan itu akan difokuskan di daerah Tambak Wedi dan sekitar Jembatan Suramadu. Kasubbag Layanan Informasi Jeffri S. mengungkap­kan, daerah tersebut bakal dibuatkan branding tersendiri. Nah, branding itulah yang akan dilempar ke publik untuk dirumuskan bersama-sama. Terutama kreator-kreator muda. ’’Harapannya, karyanya bukan hanya dari satu perspektif, tetapi dari beberapa,’’ jelasnya kemarin (14/4). Karya-karya tersebut akan dipilih melalui Surabaya Ocean Resort Branding Challenge yang juga dinilai secara langsung oleh Wali Kota Tri Rismaharin­i.

Branding yang dimaksud bukan hanya soal tampilan. Tetapi juga bagaimana kreator dan pengembang bisa turut meningkatk­an taraf hidup masyarakat sekitar dengan adanya pengembang­an area mixed-use. Pemkot, pengembang, serta kreator akan merumuskan kebutuhan apa yang paling perlu dipenuhi melalui analisis SWOT (strength, weakness, opportunit­y, and threats).

Selain itu, pemkot secara tidak langsung ingin meningkatk­an keterlibat­an warga Surabaya dalam membangun kotanya sendiri. ’’Ini wujud nyata partisipas­i publik,’’ lanjutnya.

Sementara itu, PP Properti Suramadu yang dipercaya dalam pengembang­an kawasan tersebut mengungkap­kan bahwa masih banyak potensi yang bisa digali. ’’Kami melihat kawasan tersebut belum optimal dikembangk­an. Nanti dibuat beyond space, bukan hanya space terbuka,’’ jelas Dirut PP Properti Suramadu Rudy Harsono.

Menurut dia, tugas tersebut tidak terlalu sulit. Sebab, sudah ada ikon yang bisa mengangkat daerah itu. Antara lain, Jembatan Suramadu dan Taman Suroboyo yang sudah dibangun. (deb/c15/git)

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? CARI KONSEP: Dari kiri, Rudy Harsono, Jeffri S., Andy Motulz, dan moderator dalam pemaparan Surabaya Ocean Resort Branding Challenge kemarin.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS CARI KONSEP: Dari kiri, Rudy Harsono, Jeffri S., Andy Motulz, dan moderator dalam pemaparan Surabaya Ocean Resort Branding Challenge kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia