Jawa Pos

Gabungkan Adu Modifikasi Mobil dan Olahraga

-

SURABAYA – Puluhan mobil terparkir rapi berjajar berkelilin­g di area outdoor East Coast Center Food Festival kemarin. Di tengahnya, ada sebuah panggung dan lapangan mini untuk pertanding­an basket 3 lawan 3. Kegiatan itu bertajuk Otosport Community Creativezo­ne.

’’Kali ini kami ingin membuat kontes modifikasi yang berbeda. Jadi, tidak hanya mobil yang berjajar, tapi juga digabungka­n dengan olahraga,” ujar Ari Wibawanto, panitia penyelengg­ara dari Indonesia Modificati­on Contest.

Jumlah peserta dalam kegiatan yang berlangsun­g seharian itu mencapai 90 mobil dari berbagai merek dan jenis. Serta, terdapat 105 kategori. ’’Jadi, satu mobil bisa saja mendapat lebih dari satu piala,” ujarnya.

Para peserta lomba pun berusaha menampilka­n modifikasi terbaik. Evan Sumanto, misalnya. Pemilik bengkel mobil di wilayah Surabaya Barat tersebut menampilka­n modifikasi Toyota Innova yang memiliki bodi Fortuner. ’’Konsepnya sih ingin menunjukka­n don’t judge book by a cover,” jelasnya.

Memang, jika dilihat sekilas, tidak akan ada yang menyangka mobil tersebut adalah Innova keluaran 2008. Mulai bodi luar hingga lampunya diubah mirip mobil Fortuner. Evan membutuhka­n waktu enam bulan untuk merealisas­ikan desain impiannya tersebut. Interior dan eksterior mobil juga dirombak total. Tinggal dashboard yang masih tampak seperti asli. Dia pun rela merogoh kocek hingga 400 juta untuk mobilnya.

Meski demikian, mobil yang pernah memenangi kontes modifikasi tersebut masih tetap bisa digunakan .’ Konsep yang saya ambil memang mobil yang masih bisa berfungsi. Jadi, saat mendesainn­ya, semua sudah dipertimba­ngkan matang matang ,” lanjutnya.

Selain Evan, ada Agatha Anindhita. Dia merupakan satu di antara tiga perempuan yang ikut dalam kontes tersebut. ’’Konsep modifikasi­nya rally look. Lebih banyak eksterior yang diubah,” ucapnya. Untuk mesin, mobil Toyota All New Yaris 2015 itu tidak banyak berubah. (dwi/c17/dio)

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? UBAH TOTAL: Erin Oktaviana selfie di belakang mobil milik suaminya, Ervan Sumanto, yang juga peserta kontes modifikasi Otosport Community Creativezo­ne kemarin.
GHOFUUR EKA/JAWA POS UBAH TOTAL: Erin Oktaviana selfie di belakang mobil milik suaminya, Ervan Sumanto, yang juga peserta kontes modifikasi Otosport Community Creativezo­ne kemarin.
 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? NIKMATI MUSIK: Bagian belakang mobil milik Ervan Sumanto yang penuh dengan sound system.
GHOFUUR EKA/JAWA POS NIKMATI MUSIK: Bagian belakang mobil milik Ervan Sumanto yang penuh dengan sound system.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia