Jawa Pos

Libur Panjang, Peziarah Bertambah

-

SURABAYA – Sejak Sabtu pagi, lebih tepatnya setelah subuh, ribuan orang mulai memadati Makam Sunan Ampel di Jalan Pertukanga­n, Ampel, Semampir. Peziarah membeludak karena kemarin merupakan hari libur untuk memperinga­ti Isra Mikraj.

Baidowi, salah seorang pengurus Makam Sunan Ampel, mengatakan bahwa setiap akhir pekan wisata religi Ampel disesaki warga. ’’Apalagi berbarenga­n dengan hari besar seperti ini. Pengunjung­nya makin membeludak,’’ terangnya. Dia menambahka­n, menjelang malam, pengunjung lebih banyak.

Tidak ada acara khusus untuk memperinga­ti Isra Mikraj. Sebab, mereka fokus mempersiap­kan Haul Agung Ke-541 Sunan Ampel yang jatuh pada 4–6 Mei. ’’Jadi, karena Isra Mikraj jatuh di bulan Rajab dan haul Sunan Ampel juga bertepatan pada bulan tersebut, jadi sekalian saja,’’ jelas Baidowi.

Peziarah yang datang pun tidak hanya berasal dari Kota Surabaya, tetapi juga dari luar kota. Salah satunya, Rumiyati. ’’Berangkat dari kemarin (Jumat) pagi. Mumpung Isra Mikraj-nya jatuh di akhir pekan, jadi sekalian ke sunan yang lain,’’ papar perempuan asal Bojonegoro tersebut kemarin.

Ternyata bukan hanya rombongan-rombongan umum yang datang. Ada juga beberapa peziarah dari sekolah. Arminarti, guru SDN Lesanpuro IV Malang, juga membawa siswa-siswinya untuk berziarah. ’’Karena ujian sudah dekat dan momennya mumpung pas berbarenga­n dengan Isra Mikraj,’’ terangnya. (ama/c16/any)

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? ANTRE: Long weekend, warga memadati Makam Sunan Ampel kemarin.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ANTRE: Long weekend, warga memadati Makam Sunan Ampel kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia