Jawa Pos

Lima Tahun Menghafal, Diwisuda Jadi Hafiz

-

SIDOARJO – Kemarin (14/3) menjadi hari yang akan terus diingat Shalahuddi­n Al Ayyubi. Dia bersama 30 rekannya yang lain diwisuda menjadi penghafal 30 juz Alquran. Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifudin bersama Ketua Umum MUI Jatim KH Abdusshoma­d Bukhori datang langsung untuk menyaksika­n prosesi tersebut.

’’Lega aja rasanya,’’ ujar Shalahuddi­n. Dia menghafal Alquran mulai kelas IV SD IT Bina Insan Mulia Blitar. ’’Baru bisa hafal 30 juz di tahun ini,’’ ujar siswa kelas IX SMPIT Darul Fikri itu. Sehari rata-rata dia rutin menghafal satu sampai dua halaman. Lalu, diulang terus-menerus. ’’Jadinya bisa hafal 1–2 juz dalam sebulan,’’ ujar siswa yang kerap mendapat peringkat lima besar di kelasnya itu.

Cak Nur –sapaan Wabup– juga sangat bahagia. Dia sangat terbantu dengan keberadaan siswa berprestas­i yang akhlaknya baik. ’’Ini membantu mencetak insan paripurna,’’ katanya. Prospek terhadap agama dan negara jadi lebih cerah dengan adanya mereka.

’’Saya senang dan bersyukur,’’ tambahnya. Cak Nur berpesan kepada guru dan orang tua agar terus jadi teladan. ’’Ilmu saja tidak cukup, harus juga berakhlak karimah,’’ katanya.

Wisuda 31 hafiz Alquran tersebut dibarengi peresmian Pondok Pesantren Tahfidz Al Quran (PPTQ) Darul Fikri Anggaswang­i. ’’Sebelumnya kami kan di Sarirogo, ini kami resmikan khusus yang Anggaswang­i, Sukodono,’’ ujar Direktur PPTQ Darul Fikri Anggaswang­i Syaiful Arifin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia