Jawa Pos

Recycle Lagu Melati Suci

-

SURABAYA – Amelia Limarwati mengayun-ayunkan tangannya ke depan dan ke samping sebagai salah satu ekpresi yang dia ungkapkan saat lip sync lagu Melati Suci kemarin (14/4). Dia ditemani lima teman. Mengenakan kebaya modifikasi, enam perempuan itu melakoni syuting klip video untuk lagu recycle berjudul Melati Suci

di Hotel Majapahit.

Pengerjaan ulang lagu karya Guruh Soekarnopu­tra itu merupakan salah satu bagian dari nonprofit project yang digagas Komunitas Surabaya untuk Indonesia. Jeffliu, master of ceremony

(MC) Surabaya sekaligus project director

pembuatan klip video itu, menuturkan bahwa komunitas tersebut terbentuk sejak setahun lalu.

’’Anggotanya kebanyakan penyanyi dan entertaine­r di Surabaya yang tiap tahun mengadakan nonprofit project,” ujarnya. Jeffliu menuturkan, tahun lalu mereka memperinga­ti Hari Kebangkita­n Pancasila dengan meng-cover lagu Indonesia Pusaka

yang dilantunka­n oleh 29 penyanyi. Nah, tahun ini mereka mengkhusus­kan project untuk menyambut Hari Kartini dengan meng-cover lagu Melati Suci.

Pengambila­n klip video di Hotel Majapahit itu dilakukan sesaat setelah mereka selesai take vocal di Roy Rotinggo Studio. Kali ini ada sembilan penyanyi perempuan yang ikut menyumbang­kan suaranya. Terdapat juga satu orang sebagai narator di awal lagu yang membacakan puisi karya Michelle Wang. ’’Musiknya kami buat dengan aransemen lebih megah. Aslinya kan mendayu-dayu,’’ tutur Johan Nyoto Kusumo yang jadi project director.

Dalam aransemen itu, ucap Johan, ditambahka­n sentuhan gamelan dan kolintang sebagai musik khas tradisiona­l Indonesia.

Para penyanyi yang ikut andil dalam project itu pun berasal dari berbagai macam latar belakang. Sebut saja, Dhini Rambu Piras yang sehari-hari bekerja sebagai service manager di sebuah bank swasta di Surabaya. Ada pula guru vokal maupun owner sebuah fashion gallery. (hay/c20/any)

 ?? NURUL KOMARIYAH/JAWA POS ?? PROYEK NONPROFIT: Dari kiri, Novita Kusumaward­ani, Amelia Limarwati, Melisa Hartanto, dan Olivia Marchellin saat sesi pembuatan klip video kemarin.
NURUL KOMARIYAH/JAWA POS PROYEK NONPROFIT: Dari kiri, Novita Kusumaward­ani, Amelia Limarwati, Melisa Hartanto, dan Olivia Marchellin saat sesi pembuatan klip video kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia