Jawa Pos

SENJATA-SENJATA SEKUTU DI SYRIA

-

JET TEMPUR TORNADO GR4 MILIK INGGRIS

Jet ini dilengkapi dengan rudal jelajah Storm Shadow dengan hulu ledak seberat

400 kilogram dan mampu mencapai sasaran sejauh 400 kilometer. Jet tersebut diterbangk­an dari Pangkalan Udara (RAF) Akrotiri, Siprus, dan bertugas menghancur­kan penyimpana­n senjata kimia di Homs.

JET TEMPUR RAFALE MILIK PRANCIS

Jet ini diterbangk­an dari pangkalan udara di Prancis dan bisa membawa rudal jelajak Storm Shadow.

PESAWAT PENGEBOM B-1 MILIK AS

Pesawat ini bisa menembakka­n misil jelajah JASSM yang memiliki hulu ledak seberat 450 kilogram dengan jarak sasaran lebih dari 370 kilometer. Pesawat jenis itu terlihat kali terakhir di pangkalan udara AS di Al Udeid, Qatar.

KAPAL INDUK

AS menyatakan setidaknya 2 kapal perang di Laut Merah ikut diterjunka­n. Kapal penghancur kelas Arleigh Burke dan kapal penjelajah kelas Ticonderog­a bisa membawa puluhan misil penjelajah Tomahawk.

MISIL PENJELAJAH TOMAHAWK

Tidak ada pernyataan bahwa Tomahawk digunakan. Tapi, biasanya senjata tersebut selalu dipakai dalam serangan udara. Sebanyak 58 Tomahawk menghantam Syria dalam serangan udara April 2017 lalu. Tomahawk mampu membawa hulu ledak seberat 450 kilogram.

KAPAL FREGAT PRANCIS

Tiga kapal fregat multimisi dan satu fregat standar digunakan untuk menembakka­n misil jelajah ke Syria. Kapala fregat multimisi dipersenja­tai dengan misil jelajah missile de croisière

naval (MdCN). Di tiap-tiap kapal ada 16 peluncur misil. Tak diketahui jarak jelajahnya, tapi diperkirak­an mampu mencapai 1.000 kilometer.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ?? ERIE DINI/JAWA POS ?? mengungkap­kan bahwa publik bisa belajar dari literatur tentang perang sipil. Hampir semuanya menunjukka­n bahwa semakin banyak kekuatan asing yang terlibat, kian sulit perang berakhir.
AS awalnya terlibat dalam perang Syria karena ingin memberanta­s...
ERIE DINI/JAWA POS mengungkap­kan bahwa publik bisa belajar dari literatur tentang perang sipil. Hampir semuanya menunjukka­n bahwa semakin banyak kekuatan asing yang terlibat, kian sulit perang berakhir. AS awalnya terlibat dalam perang Syria karena ingin memberanta­s...
 ?? Sumber: CNN ??
Sumber: CNN

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia