Jawa Pos

Jatim Bertekad Pertahanka­n Gelar

- DIKA KAWENGIAN/JAWA POS

SURABAYA – Festival Akuatik Indonesia (FAI) 2018 di Surabaya dan Sidoarjo dibuka pagi ini. Kontingen Jatim yang turun dengan jumlah atlet terbanyak bertekad meraih hasil sempurna. Pada edisi pertama FAI di Stadion Akuatik Jakabaring tahun lalu, Jatim keluar sebagai juara umum. Saat itu Jatim yang diperkuat 53 perenang berhasil membawa pulang 52 emas, 40 perak, dan 32 perunggu.

”Kami harus bisa memberikan yang terbaik sebagai tuan rumah. Bukan hanya sukses penyelengg­araan, tapi juga prestasi,” tutur Wakil Ketua Pengprov PRSI Jawa Timur Herlambang Wijaya.

Di cabor renang, Jatim membawa 75 perenang. Di antara mereka, terdapat perenang-perenang pelatnas Asian Games 2018. Antara lain Ressa Kania Dewi, Patricia Yosita, Adinda Larasati Dewi, Nurul Fajar Fitriani, Indra Gunawan, dan Glenn Victor Sutanto.

FAI kali ini diikuti total 701 atlet dari 30 provinsi. Edisi kedua itu melombakan empat nomor. Nomor renang menggunaka­n Kolam Renang KONI Jatim, Surabaya, pada 16–19 April. Loncat indah dihelat pada 19–21 April di kolam renang Graha Residen, Surabaya. Kemudian, renang artistik menggunaka­n kolam renang Sendang Delta, Sidoarjo, sebagai venue pada 16–18 April. Lalu, poloairjug­adilangsun­gkan di Sendang Delta pada 19–22 April. Kejurnas renang itu juga digunakan sebagai ajang unjuk gigi para perenang pelatnas dalam menyongson­g multievent se-Asia Agustus mendatang. Antara lain pemecah rekor gaya punggung 50 meter SEA Games 2017 I Gede Siman Sudartawa yang membela DKI Jakarta serta peraih emas pesta olahraga Asia Tenggara lainnya, Fadlan Prawira dan Triady Fauzi, di kontingen Jabar.

FAI juga menjadi ajang seleksi promosi-degradasi untuk atlet pelatnas. ”Saya berharap perenang pelatnas bisa menampilka­n yang terbaik dan ada rekor nasional yang pecah,” kata Wakil Ketua Umum II PB PRSI Harlin Rahardjo melalui pesan singkat.

 ?? TROY WAYRYNEN/USA TODAY/REUTERS ?? TERJEPIT: Pemain Portland Trail Blazers Sha Shabazz Napier ditempel pemain New Orleans Pelicans Cheick Diallo dan Rajon Rondo. Pelicans menang 97-95.
TROY WAYRYNEN/USA TODAY/REUTERS TERJEPIT: Pemain Portland Trail Blazers Sha Shabazz Napier ditempel pemain New Orleans Pelicans Cheick Diallo dan Rajon Rondo. Pelicans menang 97-95.
 ??  ?? KEJAR REKOR: Perenang pelatnas A.A. Istri Kania juga turun di FAI 2018.
KEJAR REKOR: Perenang pelatnas A.A. Istri Kania juga turun di FAI 2018.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia