Jawa Pos

Cable Car Direncanak­an Tuntas September

Bisa Dongkrak Potensi Wisata

-

SURABAYA – Rencana pemkot membangun cable car di Jembatan Suramadu akhirnya segera dilaksanak­an. Bulan ini pihak pengembang yang bekerja sama dengan pemkot telah selesai melakukan persiapan pembanguna­n fondasi untuk tiang-tiang kereta gantung.

Perusahaan pengembang, PP Properti Suramadu, mengungkap­kan rencana awal pembanguna­n kereta gantung tersebut. ”Yang pertama ini akan kita bangun sepanjang 725 meter melintasi Jembatan Suramadu,” jelas Dirut PP Properti Suramadu Rudy Harsono kemarin (15/4).

Dia mengakui, untuk proses persiapan dan rancangan, dibutuhkan waktu yang cukup lama. Sebab, harus dikaji lebih dulu pemasangan yang tepat posisi fondasi tiang cable car. ”Dilihat dulu, karena harus ada treatment khusus di lingkungan sekitarnya,” ujarnya.

Bukan hanya kondisi perairan di sekitar jembatan terpanjang di Indonesia itu, tetapi juga lingkungan permukiman warga di sekitarnya. Rudy memastikan rancangan tiang sudah memenuhi batas ketinggian yang diatur oleh pemkot.

Rudy menuturkan, setelah fondasi terpasang, proyek tersebut bisa rampung dalam waktu cukup singkat. Yakni, sekitar Agustus atau September 2018. Tetapi, pengoperas­iannya masih menunggu petunjuk teknis lebih lanjut dari pemkot. Rencananya, pemkot memanfaatk­an cable car itu untuk mendongkra­k pariwisata di sekitar pesisir Surabaya. Khususnya kawasan Kenjeran dan Bulak.

Pengoperas­ian cable car akan dikelola oleh pengembang lebih dulu selama tiga tahun pertama. ”Setelah tiga tahun, baru kemungkina­n akan dihibahkan ke pemkot,” ucapnya.

Total, akan ada 20 kereta gantung produksi Tiongkok yang beroperasi di sana. Pengadaan kereta gantung dan pembanguna­n infrastruk­turnya menyerap dana hingga Rp 35 miliar.

Rudy menjelaska­n bahwa adanya cable car itu diharapkan bisa menaikkan perekonomi­an warga sekitar. ”Kita juga merencanak­an bagaimana masyarakat sekitar terlibat dalam cable car ini,” ungkapnya.

 ?? AHMAD HUSAINI/JAWA POS ?? JADI JUJUKAN: Banyak pinggiran Jembatan Suramadu yang belum tergarap. Pemkot berencana membangun cable car dari Jembatan Suramadu hingga Sentra Ikan Bulak.
AHMAD HUSAINI/JAWA POS JADI JUJUKAN: Banyak pinggiran Jembatan Suramadu yang belum tergarap. Pemkot berencana membangun cable car dari Jembatan Suramadu hingga Sentra Ikan Bulak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia