Jawa Pos

Elok Berbusana, Berwawasan Luas

-

SURABAYA – Kemarin (15/4) merupakan hari terakhir dari rangkaian acara pemilihan Putri Nusantara yang diadakan Women’s Week di Royal Plaza. Acara yang berlangsun­g sejak Selasa (10/4) itu berakhir dengan penobatan masing-masing pemenang berbagai kategori lomba.

Ada dua kategori dalam penyelengg­araan kali ini. Yakni, kategori A untuk anak berusia 7–13 tahun dan kategori B untuk yang berusia 14–23 tahun. Dari masingmasi­ng kategori tersebut, ada berbagai busana yang dikenakan setiap model. Namun, mayoritas didominasi motif batik. Beberapa di antaranya mengenakan kain tenun, songket, bahkan busana khas Papua.

Bukan hanya desain yang elok. Sebagai Putri Nusantara, peserta juga harus menguasai pengetahua­n umum. Pertanyaan yang diberikan meliputi kebudayaan Indonesia. Misalnya, lagu daerah, busana daerah, dan rumah adat.

Itu merupakan kali pertama Women’s Week diadakan di Surabaya. Tujuannya mencari generasi bangsa yang paham tradisi sekaligus melestarik­an kebudayaan lokal. Terutama dari Jawa Timur. Selain itu, pihaknya ingin mengembang­kan busana adat di kalangan anak muda.

Sebagai puncak acara, dilakukan penobatan Putri Nusantara. Dalam acara tersebut, hadir Miss Grand Internatio­nal 2016 Ariska Putri Pertiwi. Dia menjadi bintang tamu saat grand final kemarin. Dia pulalah yang memberikan penobatan kepada para kontestan.

Untuk kategori A, penobatan berlangsun­g pada pukul 14.30–15.00. Kategori B pada pukul 19.30–21.00. ”Sekarang (kemarin malam, Red) sedang dilakukan penobatan terhadap Putri Nusantara,” ucap Belinda Andyana, humas Women’s Week 2018.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? UNJUK BAKAT: Model-model cilik berlenggak-lenggok di panggung dalam pemilihan Putri Nusantara Cilik di Royal Plaza kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS UNJUK BAKAT: Model-model cilik berlenggak-lenggok di panggung dalam pemilihan Putri Nusantara Cilik di Royal Plaza kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia