Jawa Pos

Masih Asyik Jadi Tempat Mesum

Di Kompleks GOR Delta

-

SIDOARJO – Dugaan bahwa kompleks GOR Delta menjadi tempat mesum hingga sekarang bukan sekadar isapan jempol. Bahkan, itu terjadi saat siang bolong. Meski demikian, tidak ada tindakan. Termasuk dari petugas tim pemkab atau satpol PP selaku penegak peraturan daerah (perda). Mereka baru akan menertibka­n. ’’Masak tidak tahu ada kayak begitu? Selama ini, tugas mereka ngapain saja?’’ ungkap beberapa warga sekitar GOR Delta kemarin.

Pantauan Jawa Pos kemarin siang (15/4), misalnya. Dua muda-mudi tampak ngopi di jalur lintasan lari cepat. Yakni, tempat yang biasa digunakan atlet sprinter untuk pemanasan. Namun, tempat itu kini berubah menjadi tempat cangkruk. Oleh pedagang, kain spanduk disulap menjadi alas duduk. Lalu, disediakan meja kecil untuk meletakkan gelas. Awalnya, dua muda-mudi itu asyik ngobrol. Eh, lama-lama, mereka saling berdekatan dan berpelukan.

Kabarnya, lintasan lari cepat selama ini memang menjadi tempat favorit pasangan mudamudi. Saat malam, tempat di sebelah Stadion Gelora Delta juga gelap. Lampu temaram. Beberapa pedagang menyebutka­n, banyak anak muda yang berpacaran. ’’Biasanya, mereka milih mojok,’’ kata seorang pedagang.

Meski digunakan sebagai tempat untuk berbuat mesum, tempat itu seolah aman-aman saja. Petugas keamanan jarang melaksanak­an pengawasan. Alhasil, banyak pemuda yang memanfaatk­an lokasi tersebut sebagai tempat pacaran. Selain di lintasan lari cepat, ada warung remangrema­ng di sepanjang gedung serbaguna. Karpet digelar sebagai alas. Tempat tersebut juga menjadi jujukan pacaran.

Kasatpol PP Pemkab Sidoarjo Widiyantor­o Basuki menyatakan bahwa pihaknya juga menerima banyak pengaduan terkait dengan GOR Delta. Warga mengeluhka­n aktivitas kafe serta warung remang-remang.

Menurut Wiwit, sapaan akrab Widiyantor­o, pihaknya saat ini sedang merancang razia kembali. Operasi nanti melibatkan petugas dari kepolisian dan TNI. ’’Kami tegaskan GOR Delta tidak boleh digunakan sebagai tempat mabuk-mabukan dan mesum,’’ jelasnya.

Seperti diberitaka­n, pemkab sebenarnya sudah lama menggaungk­an rencana revitalisa­si kompleks GOR Delta. Bahkan, ketika pimpinan daerah masih dijabat oleh penjabat sementara (Pjs) Bupati Jonathan Judianto pada 2015. Saat itu dia juga menggelar sidak. Hasilnya, ada puluhan botol miras yang diamankan petugas. Meski sudah lama ada wacana revitalisa­si dan banyak sorotan, toh hingga kini, rencana itu sebatas akan dan akan saja.

 ?? CANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? SEMRAWUT: Perempatan di kawasan Gedangan kerap menjadi biang kemacetan jalur utama Surabaya-Sidoarjo.
CANDRA SATWIKA/JAWA POS SEMRAWUT: Perempatan di kawasan Gedangan kerap menjadi biang kemacetan jalur utama Surabaya-Sidoarjo.
 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? TIDAK MALU: Dua pasangan muda-mudi berpacaran di salah satu kafe yang berada di kompleks GOR Delta kemarin.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS TIDAK MALU: Dua pasangan muda-mudi berpacaran di salah satu kafe yang berada di kompleks GOR Delta kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia