Jawa Pos

Jualan Dawet hingga Semangati Kader

-

SURABAYA – Masa kampanye yang panjang membuat para paslon Pilgub Jatim 2018 leluasa menemui berbagai lapisan masyarakat. Kemarin (16/4) cagub nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa blusukan ke sejumlah pasar di Surabaya. Sementara itu, cawagub nomor urut 2 Puti Guntur Soekarno menemui para kader PDIP di Pasuruan.

Pasar yang dikunjungi Khofifah adalah Pasar Kedurus dan Wiyung. Di Pasar Wiyung, dia mendapat sambutan hangat dari para pedagang dan pembeli. Khofifah sempat menjajal menjadi penjual dawet. Kontan saja, stan Khofifah diserbu pembeli. ’’Pelan-pelan ya, satu-satu, nanti kebagian semua,’’ ujarnya.

Menurut Khofifah, saat ini yang dibutuhkan bukan sekadar revitalisa­si pasar. Ada kebutuhan penting lainnya yang seharusnya ada di tiap pasar, yakni warehouse alias gudang. Terutama di pasar-pasar yang daganganny­a termasuk pracangan. Saat ini tidak ada pasar tradisiona­l di Jatim yang memiliki gudang.

Menurut Khofifah, gudang diperlukan untuk memastikan barang dagangan yang disimpan pedagang tetap bagus. Juga, memastikan harga yang didapat pedagang stabil. ’’Juga tidak ada kesempatan (distributo­r) menimbun barang,’’ lanjut mantan menteri sosial itu.

Pada hari yang sama, Puti Guntur Soekarno memberikan suntikan semangat kepada para kader PDIP Kabupaten Pasuruan. Bersama Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, dia meminta kesediaan para kader untuk lebih intens mengumpulk­an suara. ’’Kumpulkan terus suara masyarakat dan dijaga sampai hari H pemungutan suara,’’ ujarnya.

Sementara itu, Irsyad memastikan bahwa animo masyarakat Kabupaten Pasuruan semakin baik terhadap paslon nomor urut 2. Karena itu, dia meyakinkan Puti bahwa Pasuruan menjadi salah satu lumbung suara. ’’Saya yakin Gus IpulMbak Puti, nomor 2, akan menang mutlak di Pasuruan. Insya Allah tercapai 80 persen,’’ ucapnya.

Selain bertemu dengan kader PDIP, Puti mengunjung­i sejumlah pasar tradisiona­l di Pasuruan. Salah satunya Pasar Prigen. Dia berjanji membenahi pasar-pasar tradisiona­l bila terpilih. Yang utama, pasar harus ditata agar lebih bersih dan sehat sehingga pengunjung juga makin nyaman berbelanja di pasar tradisiona­l.

 ?? TIM KHOFIFAH-EMIL FOR JAWA POS ?? MENYAPA PENDUKUNG: Puti Guntur Soekarno mengunjung­i pedagang Pasar Pandaan kemarin. Foto kanan, Khofifah ikut menjualkan dawet salah seorang pedagang di Pasar Wiyung.
TIM KHOFIFAH-EMIL FOR JAWA POS MENYAPA PENDUKUNG: Puti Guntur Soekarno mengunjung­i pedagang Pasar Pandaan kemarin. Foto kanan, Khofifah ikut menjualkan dawet salah seorang pedagang di Pasar Wiyung.
 ?? TIM GUS IPUL-PUTI FOR JAWA POS ??
TIM GUS IPUL-PUTI FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia