Jawa Pos

Infrastruk­tur Dongkrak Sentra-Sentra Kota Baru

-

SURABAYA – Perekonomi­an di Jawa Timur diproyeksi masih cukup cerah. Tahun politik 2018 diperkirak­an tidak menimbulka­n gejolak berarti. Tren penjualan pun masih akan tumbuh.

Chairperso­n Enciety Business Consult (EBC) Kresnayana Yahya mengatakan, pembanguna­n infrastruk­tur turut menyuburka­n sentra-sentra ekonomi yang kian bermuncula­n. Misalnya pembanguna­n tol Surabaya–Ngawi. ”Jalanan yang dilewati banyak, ada simpul-simpul, industri pindah ke situ. Ini akan memberi dampak,” ujarnya dalam Jawa Pos Business MeetUp:PeluangPas­arProperti­2018diloun­ge Jawa Pos, Surabaya, kemarin (16/4).

Menurut dia, pabrik-pabrik mulai mencari lahan baru. Misalnya di Jombang, Nganjuk, atau Magetan. Sentra-sentra kota baru juga akan semakin bermuncula­n. Karena itu, merujuk perspektif pembanguna­n infrastruk­tur, setidaknya para developer memiliki gambaran tentang apa yang bisa dilakukan dalam dua tahun ke depan.

Dalam menyasar pasar, menurut dia, pendidikan masyarakat juga bisa menjadi pertimbang­an tersendiri. Area Surabaya, Malang, dan Sidoarjo menjadi pasar paling potensial. Sebab, tingkat pendidikan SMA masyarakat di kota tersebut mencapai 55 persen. Gresik juga cukup prospektif lantaran pendidikan SMA masyarakat­nya di angka 43 persen. Selain itu, ada Mojokerto.

Selain Kresnayana, hadir dalam kesempatan itu Senior Vice President of Consumer Loan Business BCA Eko Budiono. Saat ini tren pengambila­n KPR semakin tinggi. Terutama untuk kisaran nominal Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar. Ada juga Rp 1 miliar– Rp 2 miliar. Nominal di atas Rp 2 miliar pun ada. ”Untuk kategori itu, biasanya bukan rumah pertama,” katanya.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? BERBAGI GAGASAN: Kresnayana Yahya berbicara dalam Jawa Pos Business Meet Up: Peluang Pasar Properti 2018 di lounge Jawa Pos, Surabaya, kemarin (16/4).
FRIZAL/JAWA POS BERBAGI GAGASAN: Kresnayana Yahya berbicara dalam Jawa Pos Business Meet Up: Peluang Pasar Properti 2018 di lounge Jawa Pos, Surabaya, kemarin (16/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia