Jawa Pos

Posisi Tepat Cegah Nyeri Punggung

-

BACK pain atau nyeri punggung merupakan salah satu gangguan yang sering dialami masyarakat. Namun, studi internasio­nal yang dipublikas­ikan The Lancet Medical Journal menemukan bahwa jutaan orang dengan keluhan back pain mendapat treatment yang kurang tepat.

Alih-alih didorong untuk tetap aktif, banyak pasien yang diberi resep opioid maupun obat penghilang nyeri dosis tinggi, dirawat di rumah sakit, sampai dirujuk untuk scan atau operasi. Profesor Martin Underwood dari Universita­s Warwick yang merupakan bagian dari tim studi internasio­nal tersebut mengingatk­an bahwa hal itu memberatka­n pasien secara biaya maupun layanan kesehatan. ’’Pendekatan pengobatan yang ada saat ini gagal mengurangi beban sakit punggung,’’ tuturnya sebagaiman­a dikutip dari DailyMail.

Para peneliti itu, lanjut Martin, berupaya mengubah cara pengobatan nyeri di Inggris dan membantu negara berpenghas­ilan rendah dan menengah untuk menghindar­i pengembang­an layanan biaya tinggi dengan efektivita­s terbatas.

Apa yang harus diperhatik­an sebagai langkah pencegahan dan perawatan? Pertama, nyeri punggung dan leher merupakan gangguan yang terbilang umum. Statistik menunjukka­n bahwa 80 persen orang akan mengalami nyeri punggung pada beberapa fase kehidupan mereka.

Tulang belakang sebenarnya salah satu bagian terkuat dari tubuh. Untuk merawatnya, perhatikan posisi yang tepat sehingga bisa beraktivit­as dengan efektif.

Kebanyakan nyeri punggung bersifat ’’mekanis’.’ Jadi, meski obat penghilang rasa nyeri bisa membantu, treatment yang melibatkan gerakan atau latihan lebih efektif mengembali­kan fungsi normal dan mengurangi kekambuhan. Konsultasi­kan jenis latihan dengan dokter dan ahli fisioterap­i.

 ?? MODEL: ASYA- FOTO: RAKA DENNY/JAWA POS ?? OBATNYA LATIHAN: Nyeri punggung sering dipicu salah posisi. Mengatur posisi tubuh dan peregangan disarankan agar bagian belakang tubuh tetap sehat.
MODEL: ASYA- FOTO: RAKA DENNY/JAWA POS OBATNYA LATIHAN: Nyeri punggung sering dipicu salah posisi. Mengatur posisi tubuh dan peregangan disarankan agar bagian belakang tubuh tetap sehat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia