Jawa Pos

Dapat Wayang dari Komikus Indonesia

-

SIBUK sekali cast Avengers: Infinity War kemarin. Sebelum menyapa fans di purple carpet Marina Bay Sands, Singapura, mereka juga mengadakan konferensi pers digital. Di Indonesia,

event tersebut disiarkan di XXI Plaza Senayan, Jakarta. Sutradara Joe Russo, Karen Gillan, dan Benedict Cumberbatc­h ’’hadir’’ di depan media dan fans. Hanya Robert Downey Jr yang tidak ikut.

Mereka begitu hangat dan antusias.

’’Hi everyone, how are you?’’ sapa mereka. Cumberbatc­h sempat menggoda penanya yang gemetar saat berbicara dengannya meski hanya melalui layar. ’’Ambil napas, rileks,’’ ujar bintang serial Sherlock tersebut dengan mimik kocak.

Sebagai the most anticipate­d movie, kerahasiaa­n film itu sangat dijaga Marvel Studios. Mereka bekerja keras demi menjaga cerita film tidak bocor. ’’Agak politis bicara soal kerahasiaa­n,’’ kata Russo. Salah satu trik mereka adalah membuat beberapa draf naskah yang salah, sedangkan yang asli disembunyi­kan. ’’Hanya sedikit orang yang tahu tentang cerita yang asli,’’ ujar pria yang menggarap Infinity War bersama kakaknya, Anthony Russo, tersebut.

Di akhir sesi wawancara, ketiganya mendapat kejutan istimewa. Ilustrator dan seniman komik tanah air, Is Yuniarto, mempersemb­ahkan karya wayang kulit yang terinspira­si dari karakter Avengers.

Cumberbatc­h tampak takjub memandangi wayang kulit Doctor Strange. ’’Ya Tuhan, ini luar biasa,’’ pujinya. Begitu pula Gillan saat mendapat wayang Nebula. ’’Wow, i love it. Ini pasti akan saya pajang di kamar,’’ ucapnya. Russo memperoleh wayang dari poster film Avengers.

Is Yuniarto memperkena­lkan diri sebagai fans berat Marvel. ’’Wayang kulit adalah medium untuk bercerita. Umumnya tentang pahlawan dan kisah peperangan. Wayang kulit diakui UNESCO sebagai masterpiec­e budaya,’’ papar seniman asal Surabaya tersebut. Sayangnya, tidak banyak anak muda yang melirik wayang kulit. ’’Harapannya, dengan menuangkan karakter-karakter Avengers

ke dalam wayang kulit, bisa menggabung­kan karakter modern dengan seni tradisiona­l,’’ tutur Is.

 ?? MARVEL INDONESIA ?? KARAKTER KESAYANGAN: Dari kiri, wayang kulit Iron Man, Nebula, dan Doctor Strange karya ilustrator dan komikus Surabaya Is Yuniarto dipajang di Singapura kemarin.
MARVEL INDONESIA KARAKTER KESAYANGAN: Dari kiri, wayang kulit Iron Man, Nebula, dan Doctor Strange karya ilustrator dan komikus Surabaya Is Yuniarto dipajang di Singapura kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia