Jawa Pos

Fandry Sudah Berlatih Penuh

-

SURABAYA – Kabar baik menaungi Persebaya Surabaya di kala badai cedera menerpa mereka. Satu di antara tiga bek tengah andalan yang sedang cedera, Fandry Imbiri, menunjukka­n perkembang­an positif. Pemain asal Papua itu kembali menjalani latihan rutin kemarin.

Pemain 27 tahun tersebut selama ini memang hadir dalam latihan, tapi tidak ambil bagian. Dia hanya melakukan latihan ringan bersama gelandang M. Hidayat yang menjalani recovery. Namun, kemarin, tampaknya, cedera tendon achilles kaki kiri Fandry sudah membaik.

Mantan pemain Semen Padang itu melahap latihan penuh. Termasuk mengikuti small game yang dilakukan pada sesi akhir. Itu sekaligus menjadi latihan penuh pertamanya setelah selalu berlatih terpisah sejak cedera 1 April lalu. ”Fandry sudah oke,” kata pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera.

Kembalinya Fandry membuat opsi di jantung pertahanan bertambah. Meski begitu, Alfredo belum memastikan apakah Fandry bisa diturunkan melawan Sriwijaya FC (22/4). ”Lihat nanti saja,” terang pelatih asal Argentina yang membawa Persebaya juara Liga 2 musim lalu itu.

Kalaupun Fandry absen, Alfredo mengaku tak terlalu pusing memikirkan penggantin­ya. Sebab, menurut dia, duet Andri Muliadi dan M. Syaifuddin sudah cukup padu. Mereka tampil cemerlang ketika Persebaya menaklukka­n tuan rumah PS Tira 4-1(13/4).

”Mereka paham sistem permainan yang harus dijalankan. Kalau (Fandry) absen, semua pemain siap menggantik­an. Saya akan lihat sampai latihan terakhir sebelum pertanding­an,” imbuh pelatih 45 tahun tersebut.

Karena itu, Alfredo tak terlalu mengkhawat­irkan lini depan Sriwijaya yang memiliki beberapa nama mentereng. Termasuk mantan anak asuhnya di Persipura, Beto Goncalves, ataupun striker asal Tajikistan Manuchekhr Dzhalilov. ”Tak masalah. Saya sangat percaya dengan tim ini (Persebaya),” terangnya. Selain itu, absennya Robertino Pugliara akibat akumulasi kartu juga sudah diantisipa­si Alfredo. Meski, pemain asal Argentina itu selalu tampil sebagai starter dalam empat laga Persebaya. Hanya, Alfredo enggan menyebut Pugliara adalah pemain penting bagi tim berjuluk Green Force tersebut.

”Semua pemain yang ada di tim vital. Semua penting. Tak hanya Pugliara,” katanya. Karena itu, lanjut Alfredo, seluruh pemain bisa menggantik­an peran Pugliara. ”Hari ini (kemarin) kami baru mulai latihan. Masih ada satu pekan. Siapa yang paling siap itu yang saya mainkan. Tapi, semua pemain pasti siap,’’ tegasnya.

Alfredo memang tak perlu panik. Sebab, beberapa pemain masih bisa menjadi pelapis Pugliara seperti dua pemain lokal Rendi Irwan dan Misbakus Solikin. Kebetulan, dua pemain tersebut selalu menjadi cadangan dalam dua laga terakhir. ”Saya selalu siap untuk tim,” ucap Rendi.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia