Jawa Pos

Adinda Pecahkan Rekornas Lagi

Hari Pertama Festival Akuatik Indonesia 2018

-

SURABAYA – Hari pertama Festival Akuatik Indonesia (FAI) 2018 berlangsun­g meriah kemarin (16/4). Kolam renang KONI Jatim, Surabaya, dipilih sebagai tempat upacara pembukaan sekaligus pelaksanaa­n cabor renang. Total ada 440 perenang dari 21 provinsi yang hadir dalam acara tersebut.

Meski kejuaraan itu merupakan perebutan medali antardaera­h, peserta lebih difokuskan ke para perenang pelatnas yang ikut memperkuat daerah masing-masing. Maklum, FAI kali ini dijadikan sebagai ajang seleksi nasional terakhir bagi Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) untuk pembentuka­n timnas Asian Games 2018.

’’FAI ini bagian dari persiapan untuk Asian Games, karena periodesas­i yang disusun oleh pelatih yaitu puncak performa atlet ada di bulan Juli sampai Agustus. Sekaligus ini adalah seleksi terakhir karena akhir bulan sudah harus final untuk tim AG,’’ ujar Sekretaris Jenderal PB PRSI Ali Patiwiri.

Untuk itu, para atlet pelatnas tak bisa main-main pada kejuaraan nasional tersebut. Sebab, potensi terdegrada­si dari kursi pelatnas masih besar. Tak tertutup kemungkina­n posisi mereka dapat tergantika­n oleh atlet muda yang tiba-tiba catatan waktunya melejit selama pergelaran FAI ini.

Sementara itu, perenang muda asal Jawa Timur Adinda Larasati Dewi, sekali lagi, memecahkan rekor nasional di nomor 400 meter gaya bebas. Dia berhasil membukukan waktu 4 menit 16,84 detik. Rekor sebelumnya dipegang Ressa Kania Dewi dengan 4 menit 17,92 detik.

’’Nggak nyangka. Berenang enak dan semangat, mungkin karena bisa best time di pertanding­an pagi,’’ kata gadis 18 tahun itu.

Menurut Adinda, bertanding di ’’rumah’’ sendiri dan banyak suporter turut berpengaru­h terhadap performany­a di air. Sebelumnya, catatan waktu terbaiknya untuk nomor tersebut adalah 4 menit 20,58 detik. Namun berhasil dipecahkan menjadi 4 menit 18,41 detik pada babak penyisihan FAI di pagi hari. Gadis berkerudun­g itu memang sudah menargetka­n untuk memperbaik­i catatan waktunya di nomor gaya bebas.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia