Jawa Pos

Pelatih Timnas Puji Nizar dan Yuda

-

JAKARTA – Pergelaran Proliga berakhir dua hari lalu. Kini, fokus Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) beralih untuk mempersiap­kan para atletnya menuju Asian Games 2018 pada Agustus nanti.

Pelatih tim voli putra Samsul Jais menyatakan, 18 pemain yang dipanggil untuk multievent seAsia itu memiliki materi yang lebih bagus daripada saat SEA Games tahun lalu. Terutama pada sektor setter dan quicker. Masuknya Nizar Julfikar dan Yuda Mardiansya­h memberikan warna baru bagi skuad Merah Putih.

Dua pemain tersebut berasal dari Surabaya Bhayangkar­a Samator. Mereka menyusul pemain Samator lain yang sudah bergabung. Yakni, Rivan Nurmulki, Rendy Tamamilang, Mahfud Nurcahyadi, dan Galih Bayu Saputra. ’’Bagi saya sangat positif. Tentu para pemain akan lebih cepat beradaptas­i karena sudah saling mengerti,’’ urai pelatih 52 tahun itu. Selain Nizar, di posisi setter, masuk kapten Palembang Bank SumselBabe­l Aji Maulana dan juru umpan Jakarta Pertamina Energi Dio Zulfikri.

Samsul menilai prestasi di SEA Games 2017 buruk karena tim kehilangan sosok Nizar sebagai pengatur serangan. Sebab, saat itu Nizar menjalani pendidikan Sekolah Inspektur Kepolisian Sumber Sarjana. ’’Nizar punya kualitas. Bola-bola cepat dan pelepasan open bagus. Dan, usianya masih muda,’’ ungkapnya.

Sementara itu, di posisi quicker, ada tiga nama selain Mahfud dan Yuda. Yakni, Hernanda Zulfi dan Antho Bertiyawan dari Jakarta Pertamina Energi serta Malizi dari Jakarta BNI Taplus. Di antara lima pemain itu, Yuda bisa dikatakan yang terbaik. Selain membawa Samator juara Proliga 2018 dan Livoli 2017, pemain kelahiran Medan tersebut merupakan quicker terbaik sekaligus pemain muda terbaik Livoli 2017.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? KOMBINASI: Yuda Mardiansya­h (kiri) dan Nizar Julfikar saat membela Samator di grand final Proliga 2018 di GOR Among Rogo, Jogjakarta (15/4).
ANGGER BONDAN/JAWA POS KOMBINASI: Yuda Mardiansya­h (kiri) dan Nizar Julfikar saat membela Samator di grand final Proliga 2018 di GOR Among Rogo, Jogjakarta (15/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia