Jawa Pos

Desa Berdaya 2018 Dorong Kemandiria­n Desa

-

GRESIK – Setiap desa punya potensi. Agar berkembang dan mampu menyejahte­rakan masyarakat­nya, dibutuhkan seorang Kades yang berpikiran maju. Pemimpin yang inspiratif dan inovatif salah satu kuncinya.

Kemarin (16/4) Dinas Pemberdaya­an Masyarakat dan Desa (PMD) bersama Jawa Pos meluncurka­n program Desa Berdaya di kantor Pemkab Gresik. Peluncuran berlangsun­g meriah. Sebab, ada 110 desa yang menjadi percontoha­n dalam program tersebut. Para Kades siap menjadi pionir.

Wakil Bupati Moh. Qosim dan Direktur PT Jawa Pos Koran Ivan Firdaus meluncurka­n program tersebut. Hadir pula Wakil Ketua DPRD Gresik Nur Qolib, Kepala Dinas PMD Tursilowan­to Harijogi, dan Kabaghumas Pemkab Suyono. Juga, perwakilan dari 110 desa di 10 kecamatan seKabupate­n Gresik.

’’Karena memiliki semangat membangun, mereka menjadi 110 desa pionir,’’ tutur Qosim kemarin.

Pejabat yang juga dikenal seba- gai ulama itu mengajak para kepala desa untuk bersemanga­t mengembang­kan desa masing-masing. Semua potensi dikembangk­an. Di antaranya, seni; budaya; serta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Tujuannya, masyarakat desa lebih berdaya dan lebih maju. ’’Kami akan memfasilit­asi pengenalan potensi desa tersebut kepada dunia luar melalui media,’’ kata Qosim.

Kepala Dinas Pemberdaya­an Masyarakat dan Desa (DPMD) Gresik Tursilowan­to Harijogi menambahka­n, program Desa Berdaya Gresik 2018 merupakan program pemberdaya­an di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan, hingga kesiapsiag­aan bencana. Pendekatan­nya integratif.

’’Pola pikir desa mandiri harus berdaya dulu. Insya Allah setelah berdaya bisa mandiri,’’ papar Tursilowan­to.

Ivan Firdaus mengatakan, untuk meningkatk­an pengetahua­n kepala desa dalam menghadapi wartawan, Jawa Pos siap memberikan edukasi. ’’Akan ada pelatihan jurnalisti­k secara intens bagi para kepala desa,’’ katanya.

Launching Desa Berdaya Gresik 2018 semakin meriah dengan tampilnya sejumlah kesenian tradisiona­l para pelajar di Kota Giri. SMP Negeri 1 Gresik, misalnya, menampilka­n tari pudak mayang.

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? AYO MAJU: Tursilowan­to Harijogi (tengah memegang koran) diapit Moh. Qosim (kiri) dan Ivan Firdaus bersama para Kades peserta program Desa Berdaya 2018.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS AYO MAJU: Tursilowan­to Harijogi (tengah memegang koran) diapit Moh. Qosim (kiri) dan Ivan Firdaus bersama para Kades peserta program Desa Berdaya 2018.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia