Jawa Pos

UMKM Tenggilis Mejoyo Jalani Asesmen

Disdag Kategorika­n Tiga Jenis Usaha

-

SURABAYA – Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan kekuatan ekonomi rakyat yang berkembang pesat di metropolis. Merujuk data dinas perdaganga­n (disdag), Surabaya memiliki 645 UMKM. Namun, perhatian kepada pelaku usaha belum maksimal.

Karena itu, disdag mulai melakukan asesmen kepada UMKM. Tujuannya menggolong­kan usaha. Dengan begitu, pemkot bisa memberikan pembinaan untuk mengembang­kan bisnis ke arah yang benar. Asesmen kali pertama dilakukan di Kecamatan Tenggilis Mejoyo kemarin.

Tercatat ada 18 UMKM yang disurvei. Sementara itu, total pelaku usaha di kawasan timur Surabaya 199 orang. Program itu akan mengganden­g lima perguruan tinggi di Surabaya. Yakni Unair, ITS, Ubaya, Universita­s Ciputra (UC), dan UK Petra. Lima universita­s tersebut akan mendamping­i pelaku usaha sesuai dengan klasifikas­i dan wilayahnya. ’’Asesmen ini sangat penting untuk meningkatk­an kualitas UMKM di Tenggilis Mejoyo,’’ ujar Camat Tenggilis Mejoyo Ahmad Daya Prasetyono.

Kemarin setiap pelaku usaha wajib mengisi blangko yang sudah disiapkan. UMKM akan dikategori­kan ke dalam tiga jenis, yakni mikro madya, mikro pemula, dan mikro mandiri. Ada 10 indikator yang membedakan klasifikas­i UMKM. Yaitu omzet, aset, tenaga kerja, pemasaran, perizinan, tempat usaha, pembeli, penggunaan teknologi, masa usaha, dan laporan keuangan. ’’Bagi UMKM yang tidak masuk kualifikas­i yang diinginkan, jangan berkecil hati. Justru harus tambah semangat untuk bisa naik peringkat,’’ ujar mantan camat Tandes itu.

Kasi Perekonomi­an Kecamatan Tenggilis Mejoyo Basuki Rachmad menambahka­n, dirinya sengaja meminta segera dilaksanak­an klasifikas­i di wilayahnya. Hal itu dilakukan untuk memberikan pembinaan yang pas kepada UMKM. ’’Dengan tahu golonganny­a, gampang mengetahui perkembang­an UMKM,’’ katanya.

Nanti asesmen berlangsun­g secara rutin tiga bulan sekali. Tujuannya memantau perkembang­an usaha mereka. ’’Kriteria penilaian yang belum terpenuhi wajib segera dilaksanak­an oleh UMKM. Nanti petugas turun ke lapangan untuk mengetahui sudah dilaksanak­an atau belum,’’ ujarnya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia