Jawa Pos

Dekatkan Pelayanan dengan Warga

Intensitas Pusling Ditingkatk­an

-

SURABAYA – Balai RW VII, Kelurahan Wonokromo, terlihat ramai kemarin (16/4). Warga silih berganti datang ke balai desa mulai pukul 08.00 hingga 12.00. Tidak untuk mengurus administra­si kependuduk­an, mereka datang buat berobat. Ada puskesmas keliling (pusling) dari Puskesmas Wonokromo.

Kepala Puskesmas Wonokromo dr Era Kartikawat­i menyatakan, pusling sebenarnya rutin diselengga­rakan. Tim Puskesmas Wonokromo berkelilin­g dari satu RW ke RW lainnya sekali dalam seminggu. Saat ini intensitas kegiatan itu semakin ditingkatk­an.

’’Selama pembanguna­n Puskesmas Wonokromo hingga nanti selesai,’’ ujar Era. Dari hanya sekali menjadi lima kali dalam sepekan. Mulai Senin hingga Jumat. Dalam sehari ada dua RW yang didatangi Pusling Wonokromo. Pusling diselengga­rakan di balai RW masing-masing.

Pembanguna­n Puskesmas Wonokromo memang membawa banyak perubahan. Semua aktivitas puskesmas harus pindah untuk sementara. Pelayanan kesehatan tetap terus digalakkan tanpa mengurangi fasilitas. Karena itu, tim Puskesmas Wonokromo berusaha menyiasati kondisi tersebut.

Terlebih lagi, jumlah rata-rata kunjungan Puskesmas Wonokromo mencapai 150 pasien per hari. Tentu, jumlah tersebut tidak tertampung di Pos Kesehatan Kelurahan (Poskeskel) Wonokromo di Jalan Karangrejo VI. Untuk sementara, pusling menjadi jalan terbaik.

Alumnus Universita­s Wijaya Kusuma (UWK) itu melanjutka­n, pihaknya memberikan sosialisas­i kepada warga sejak jauh-jauh hari. Koordinasi dengan kader-kader masyarakat diperkuat. ’’Pelayanan kesehatan pasti dibutuhkan warga,’’ kata Era. Menurut dia, warga sangat antusias dengan adanya pusling. Jarak pusling lebih dekat dengan rumah warga.

Pusling juga bertujuan menjemput warga. Pihak puskesmas terus melakukan sosialisas­i agar warga lebih peduli terhadap kesehatann­ya. Tidak ada lagi alasan jarak puskesmas yang jauh dari rumah. Selain itu, biaya pengobatan bisa lebih hemat.

Tim keliling dibentuk lengkap. Antara lain, dokter, bidan, dan perawat. Mereka memberikan berbagai macam pelayanan sebagaiman­a di puskesmas. Antara lain, pengobatan umum, rujukan BPJS, pengobatan ibu dan anak, imunisasi, keluarga berencana, pemeriksaa­n ibu hamil, serta laboratori­um.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? JEMPUT BOLA: Petugas Puskesmas Wonokromo memeriksa Sumaji di Pusling RW VII Wonokromo kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS JEMPUT BOLA: Petugas Puskesmas Wonokromo memeriksa Sumaji di Pusling RW VII Wonokromo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia