Jawa Pos

Undang Dua Menteri Bahas Kawasan Lumpur

-

SIDOARJO – Pembanguna­n geopark diseriusi dengan mengundang dua menteri ke tanggul lumpur. Yakni, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljon­o. Keduanya diundang sebagai pemateri dalam acara Ngopi Bareng Lusi (Lumpur Sidoarjo).

Sekretaris Daerah (Sekda) Achmad Zaini menyatakan, kegiatan Ngopi Bareng Lusi akan dilangsung­kan pada 29 April. Lokasinya di areal tanggul Desa Mindi. Dekat embrio Museum Lusi. Dalam acara itu, pemkab akan memaparkan sejumlah rencana pengembang­an kawasan lumpur. ’’Ide dari pemkab kami sampaikan,’’ jelasnya.

Konsep utamanya pembanguna­n geopark. Rencana itu sudah lama digaungkan. Pemkab dan pemerintah pusat berupaya menjadikan kawasan tersebut seperti Taman Nasional Yellowston­e di Amerika Serikat.

Selanjutny­a, menjadikan areal sekitar tanggul sebagai ruang terbuka hijau (RTH). Bentuknya taman hijau yang luas. Selain menjadi paru-paru kota, lahan tersebut bisa dimanfaatk­an sebagai tempat berkumpuln­ya warga. Rencana lainnya adalah mendirikan Lusi Creative Hub. Ide itu tercetus karena masih banyak bangunan lawas di sekitar tanggul yang tidak dimanfaatk­an. Misalnya, bangunan SD Siring yang berada tepat di samping penampung lumpur. Juga, rumah-rumah warga dan perkantora­n yang tidak lagi ditempati.

Yang tidak kalah menarik adalah membangun tetenger atau Lusi Landmark. Zaini mengatakan akan membangun patung sepatu yang berukuran besar. ’’Sepatu perlambang pekerja. Harapannya, warga Sidoarjo kembali bangkit,’’ jelasnya.

Tentu, gagasan itu harus didukung penyerahan lahan di luar peta area terdampak (PAT) ke pemkab. Dengan hibah tersebut, pemkab diharapkan bisa membangun kawasan itu sesuai dengan perencanaa­n. Zaini mengatakan, pengajuan hibah sudah dilaksanak­an. ’’Namun, belum ada keputusan,’’ ucapnya.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? BIKIN GEOPARK: Pengunjung melintas di deretan patung di lumpur Sidoarjo. Pemkab ingin pemerintah pusat membantu pengembang­an kawasan wisata tersebut.
DITE SURENDRA/JAWA POS BIKIN GEOPARK: Pengunjung melintas di deretan patung di lumpur Sidoarjo. Pemkab ingin pemerintah pusat membantu pengembang­an kawasan wisata tersebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia