Jawa Pos

Ringkus PNS saat Hendak Pesta SS

Bersama Mantan Pegawai Negeri

-

SIDOARJO – Seorang PNS di lingkungan Pemkab Sidoarjo dikenalkan Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji. PNS dinas perhubunga­n yang bertugas di Terminal Gedangan tersebut tidak diperkenal­kan terkait prestasiny­a. Namun, Dwi Heri Nugroho (DHN), PNS itu, diamankan polisi ketika hendak berpesta narkoba.

Warga Magersari tersebut diringkus bersama Djoko Susilo (DS). Pria 62 tahun itu merupakan mantan pegawai dishub. Kasat Narkoba Polresta Sidoarjo Kompol Sugeng Purwanto menjelaska­n, keduanya dulu merupakan rekan kerja. Mereka beberapa kali berpesta sabu-sabu (SS).

Nah, Minggu (15/4) keduanya berniat memakai barang haram tersebut. DS membeli sepaket SS dari pengedar di Jabon. Serbuk putih itu lantas dibawa ke rumahnya di Perumahan Permata Regency Tanggulang­in. Tampaknya, DS dan DHN mempersiap­kan pesta narkoba tersebut jauh-jauh hari. Alat isap sudah disiapkan. Sebelum menikmati barang terlarang itu, petugas menangkap keduanya. ’’Di saku DHN kami temukan 0,56 gram sabu-sabu,’’ paparnya.

Selain DHN dan DS, polisi menangkap sembilan tersangka lainnya. Plus barang bukti 1,88 gram ganja dan 17,79 gram SS. Semua barang bukti itu merupakan hasil operasi tumpas semeru yang dilaksanak­an sampai pekan lalu. ’’Tersangka ditangkap di enam TKP yang berbeda,’’ kata Himawan. Di antaranya, Gedangan, Sidoarjo, Buduran, dan Tanggulang­in. Masing-masing dua kasus. Satu kasus masingmasi­ng di Pasuruan serta Jabon.

Khusus kasus di Gedangan, polisi melakukan pengembang­an perkara. Tersangka atas nama Mohammad Irawan Hidayat diperiksa lebih lanjut. Sebab, polisi menyita 3 gram SS dari tangannya. Warga Desa Wedi, Gedangan, itu lantas buka suara. ’’Ada jaringan narkoba di Gedangan,’’ ucapnya.

Berdasar penelusura­n petugas, kata Himawan, jaringan Gedangan memiliki kelengkapa­n struktur organisasi. Irawan bertindak sebagai pengguna dan pengedar. Dari keterangan Irawan, polisi berhasil menangkap dua rekan kerjanya. Yakni, Muchammad Jefri Dyanto, warga Desa Wedi, Gedangan, serta Romi Adam Klavert. Keduanya merupakan pengguna sekaligus pengedar. ’’Pemasok barang masih dalam pencarian,’’ paparnya.

Berdasar catatan Polresta Sidoarjo, ada sejumlah kecamatan yang menjadi perhatian petugas. Sebab, kasus peredaran narkoba di wilayah tersebut tinggi. Di antaranya, Taman, Waru, Sidoarjo, Sukodono, dan Buduran. ’’Itu peringkat lima besar,’’ jelasnya. Sebagai langkah pencegahan, polisi rutin turun ke wilayah tersebut. Korps baju cokelat itu juga mengadakan sosialisas­i bahaya narkoba ke sekolah-sekolah.

 ?? GHOUFUR EKA/JAWA POS ?? AMANKAN 11 TERSANGKA: Kombespol Himawan Bayu Aji (lima dari kanan) merilis tangkapan narkoba kemarin.
GHOUFUR EKA/JAWA POS AMANKAN 11 TERSANGKA: Kombespol Himawan Bayu Aji (lima dari kanan) merilis tangkapan narkoba kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia