Jawa Pos

Bersiap Mengikuti Olimpiade Matematika di Hongkong

-

SIDOARJO – Namanya Shidqi Firas Hidayat. Saat ini duduk di kelas V SD Muhammadiy­ah 1 Pucanganom, Sidoarjo. Kemarin (16/4) Firas baru pulang dari Jakarta dengan oleh-oleh manis. Siswa kelahiran Sidoarjo, 24 April 2006, itu berhasil meraih medali perunggu dalam Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) ke-13 pada Minggu (15/4). Dia menyingkir­kan ratusan siswa lain se- Indonesia.

Anak pasangan Erlan Hidayat dan Connie Elok Savitri itu selalu unggul dalam rangkaian proses seleksi olimpiade yang diselengga­rakan Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Indonesia tersebut. Pada seleksi tingkat sekolah September silam, dia melanjutka­n ke babak penyisihan tingkat Kabupaten Sidoarjo. Berlanjut ke semifinal tingkat Provinsi Jatim pada Februari dan babak final tingkat nasional yang baru saja berlangsun­g.

Ternyata, mendapat medali di KMNR bukan prestasi pertamanya. Puluhan prestasi berhasil dia kumpulkan. Memang, sebagian besar di bidang matematika. Misalnya, pada 2017, Firas pernah mendapat medali perak pada Thailand Internatio­nal Math Olympiad (TIMO). Pada tahun yang sama, dia mendapat medali perunggu pada kompetisi matematika Mathlympic di Singapore Anglo Chinese School. Tahun ini Firas juga berhasil menjadi juara I dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) Sidoarjo.

Karena itu, dia mewakili Sidoarjo seleksi OSN ke tingkat Jatim. ”Ini masih menunggu pengumuman yang tingkat Jatim,” ujar Kepala SD Muhammadiy­ah 1 Sidoarjo Enik Chairul Umah. Selain matematika, Firas kerap mendapat prestasi di bidang lain. Misalnya, juara I lomba menulis cerpen yang diadakan Universita­s Negeri Surabaya (Unesa) pada 2016.

”Dia sejak kelas I selalu juara I,” lanjut Enik. Saat ini Firas mempersiap­kan diri untuk mengikuti kompetisi matematika pada Hong Kong Internatio­nal Mathematic­al Olympiad (HKIMO) awal Mei.

 ?? SD MUHAMMADIY­AH 1 SIDOARJO FOR JAWA POS ?? BERPRESTAS­I: Shidqi Firas Hidayat setelah menang dalam ajang KMNR di Jakarta Minggu (15/4).
SD MUHAMMADIY­AH 1 SIDOARJO FOR JAWA POS BERPRESTAS­I: Shidqi Firas Hidayat setelah menang dalam ajang KMNR di Jakarta Minggu (15/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia