Jawa Pos

8.077 Peserta Sudah Mendaftar SBM PTN

-

”Supaya siswa yang sudah lolos SNM PTN tidak bisa lagi mendaftar SBM PTN,’’ paparnya.

Dengan begitu, kesempatan peserta yang tidak lolos SNM PTN bisa semakin besar untuk diterima di PTN. Sementara itu, siswa yang sudah lolos harus melakukan daftar ulang di PTN masing-masing. Jika tidak, peserta akan diberi sanksi.”Dampaknya bagi sekolah asal yang mendaftar. Bisa kuota SNM PTN berkurang. Kasihan adik tingkatnya nanti,’’ kata Joni.

Di sisi lain, pendaftara­m SBM PTN sistem ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) dibuka besok (18/4). Namun, pendaftara­n UTBK sangat terbatas. Untuk wilayah Panitia Lokal (Panlok) 50 Surabaya, hanya tersedia 2.770 kursi, disesuaika­n dengan jumlah komputer yang tersedia.”Proses pendaftara­n tetap sama, dengan ujian tertulis berbasis cetak (UTBC) melalui website sbmptn.ac.id,’’ ucap Penanggung Jawab Panlok 50 Surabaya Prof Moh. Nasih.

Menurut dia, hingga kini belum ada tambahan komputer untuk pelaksanaa­n SBM PTN UTBK. Meski begitu, jumlah komputer untuk pelaksanaa­n UTBK meningkat dibanding tahun lalu. Yakni, dari 2.175 unit menjadi 2.770 unit komputer.

Perinciann­ya, Universita­s Airlangga (Unair) 950 unit, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) 915 unit, Universita­s Negeri Surabaya (Unesa) 220 unit, serta Universita­s Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) dan Universita­s Pembanguna­n Nasional (UPN) Veteran Jatim 305 unit.”Tidak bertambah. Jadi, kuotanya masih terbatas,’’ paparnya.

Meski begitu, peserta tetap bisa memilih SBM PTN dengan sistem UTBC. Pendaftara­n dibuka pada 5–27 April. Ujian tertulis dilangsung­kan serentak pada 8 Mei. Kemudian, ujian praktik dilaksanak­an pada 9–11 Mei. Hasil pengumuman SBM PTN bisa dilihat pada 3 Juli.

Lebih lanjut Humas Panlok 50 Surabaya Suko Widodo mengungkap­kan, 8.077 pendaftar SBM PTN mengikuti sistem ujian tertulis berbasis cetak (UTBC). Pendaftar paling banyak adalah prodi kategori sosial dan humaniora (soshum), yakni 4.095 orang. Kemudian, disusul prodi kategori sains dan teknologi (saintek) 3.086 orang serta prodi campuran 896 orang.”Jumlah pendaftar akan terus bergerak naik,’’ jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia