Jawa Pos

Serahkan Langsung Karyanya ke Doctor Strange

Is Yuniarto, Komikus Surabaya yang Mendunia

- SEPTINDA AYU PRAMITASAR­I

Karir Is Yuniarto di dunia komik kian moncer. Selain karyanya diterbitka­n di Jepang, tokoh Gatotkaca dalam komik Garudayana miliknya kini dijadikan karakter game Mobile Legends. Yang terbaru, pria 36 tahun itu diundang ke Singapura untuk menyerahka­n wayang buatannya kepada tim Avengers: Infinity War.

BERKAT Is, dua pemain Infinity War, yakni Benedict Cumberbatc­h (Doctor Strange) dan Karen Gillan (Nebula), serta sutradaran­ya, Joe Russo, kini mengenal wayang. Ketiganya begitu excited menerima karya Is berupa wayang Avengers. Diundang Disney, Is menyerahka­n sendiri wayang itu kepada mereka di Marina Bay Sands Expo & Convention Centre, Singapura, pada Senin (16/4).

”Ya Tuhan, ini luar biasa,” puji Cumberbatc­h. Reaksi yang tak kalah menyenangk­an juga datang dari Gillan. ”Wow, I love it. Ini pasti saya pajang di kamar,” ucapnya. Is tentu saja bangga. Bisa memberikan cenderamat­a khas Indonesia sekaligus mengenalka­n wayang kulit kepada warga Hollywood J

”Ini salah satu prestasi paling membanggak­an selama saya berkarir,” ujarnya saat ditemui di kediamanny­a, daerah Ngagel Jaya Selatan, pada Rabu (18/4).

Sudah tiga tahun ini Is bereksperi­men membuat desain wayang dengan karakter tokohtokoh pop culture. Mulai komik Marvel, DC, sampai profil-profil dari Star Wars. Saat ini Is sudah menelurkan empat serial komik. Debutnya dimulai dengan peluncuran Wind Rider pada 2005. Karya tersebut masuk tiga nominasi Komikasia Award 2005. Yakni, kategori Best Cover, Best Character, dan Best Comic.

Ada pula komik trilogi Knight of Apocalypse dan karya fenomenal komik Garudayana yang diterbitka­n pada 2009. Karya ketiganya mengangkat tokoh pewayangan Mahabharat­a sebagai superhero masa kini. ”Komik ini masih serial. Belum tamat,” katanya menunjukka­n tokohtokoh di komik Garudayana.

Selain Garudayana, komik fantasi serial yang hingga kini ceritanya masih berlanjut adalah Grand Legend Ramayana. Saking banyak peminat, dua judul tersebut sudah diterbitka­n di Jepang. Selain itu, Garudayana kini tayang online di ciayo.co/garudayana. ”Akhirnya, tidak hanya terbit dalam bentuk cetak, tetapi juga online dan full color,” ucapnya senang.

Is menyukai wayang sejak lama. Dia suka membaca komik-komik wayang kuno karya RA Kosasih dan Ardi Soma. Dia mengakui, membawa komik tersebut ke era milenial pasti sudah tidak sesuai. Sebab, ceritanya masih sangat murni tentang pewayangan. ”Nah, saya membuat tema pewayangan dengan visualisas­i modern bergaya manga. Targetnya anak muda,” ujar bungsu di antara dua bersaudara itu.

Cara tersebut ternyata sukses. Komiknya laris. Yang membeli mayoritas anak muda. Permintaan untuk membuat lanjutanny­a terus datang. Saat ini Garudayana masuk vol. 6, sedangkan Grand Legend Ramayana vol. 3. Tiap volume mengalami dua hingga tiga kali cetak ulang. ”Saya bisa katakan ini berhasil. Tujuan agar anak muda bisa menyukai wayang pun terwujud,” kata lulusan DKV UK Petra Surabaya itu.

Bahkan, tokoh Gatotkaca di dalam Garudayana dilisensik­an sebagai karakter dalam Mobile Legends setahun terakhir. ”Saya membantu membuat tiga dimensinya. Saya juga berikan jurus-jurus yang ada pada karakter Gatotkaca,” ujarnya.

Untuk bisa membuat cerita komik dengan tema pewayangan, Is tak sembaranga­n. Dia melakukan riset cerita wayang Indonesia dan India. Dari situlah, ide cerita bisa muncul. Termasuk pembuatan desain tokoh.

Saat ini Is ingin sekali komik ciptaannya bisa dibikin film animasi. Minimal tayang dalam versi serial di TV. Selain itu, dia berharap bisa menghelat pergelaran wayang kulit dengan tokoh-tokoh pop culture. ”Ingin bisa tembus di industri animasi. Semoga nanti ada kesempatan,” katanya.

 ?? DISNEY FOR JAWA POS ?? INDONESIA BANGET: Dari kiri, Is Yuniarto bersama Joe Russo, Benedict Cumberbatc­h, dan Karen Gillan yang membawa wayang buatannya di Marina Bay Sands Expo & Convention Centre, Singapura, pada Senin (16/4).
DISNEY FOR JAWA POS INDONESIA BANGET: Dari kiri, Is Yuniarto bersama Joe Russo, Benedict Cumberbatc­h, dan Karen Gillan yang membawa wayang buatannya di Marina Bay Sands Expo & Convention Centre, Singapura, pada Senin (16/4).
 ?? GRAFIS: DAVID PRASETYO/JAWA POS ??
GRAFIS: DAVID PRASETYO/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia