Jawa Pos

Adu Makan Kerupuk hingga Kue Ujung Galuh

Perayaan Hari Kartini di Balai Kota

-

SURABAYA – Kemarin (21/4) ratusan pegawai di lingkungan pemkot berkumpul di balai kota sejak pukul 05.30. Bukan untuk apel, melainkan mengikuti perayaan Hari Kartini ala pemkot.

Layaknya 17 Agustus, peringatan Hari Kartini kemarin dimeriahka­n lomba. Yang paling ramai adalah lomba estafet dan menghias kue. Lomba estafet merupakan gabungan tiga jenis lomba. Yakni, lari dengan menyunggi tampah, makan kerupuk, dan gantung caping. Setiap Tim terdiri atas tiga orang.

Wali Kota Tri Rismaharin­i turut memeriahka­n perlombaan itu. Bukan sebagai peserta, melainkan sebagai suporter di pinggir lapangan. Dia juga mengecek kesiapan alat-alat dan bahan yang digunakan untuk perlombaan. Mulai memasang kerupuk di tali hingga menyesuaik­an panjang kawat untuk gantung caping.

Salah satu yang cukup beruntung adalah tim Kelurahan dan Kecamatan Jambangan. Tim tersebut diawasi langsung oleh Risma. Bahkan, wali kota yang kemarin berkebaya merah jambu tersebut ikut menyemanga­ti Rusbaidah dan kawan-kawan.

Sementara itu, para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) serta camat dan lurah seluruh Surabaya berjibaku dalam lomba menghias kue. Bukan hanya yang perempuan, para pejabat laki-laki pun ikut membantu mempercant­ik kue-kue kotak mereka. Kue tidak melulu harus bertema Kartini. Misalnya, kue buatan dinas pekerjaan umum, bina marga, dan pematusan (DPUBMP).

Dinas yang bertanggun­g jawab dalam pembanguna­n dan pemelihara­an infrastruk­tur seluruh Surabaya itu memilih infrastruk­tur untuk tema kue mereka. Kepala DPUBMP Erna Purnawati tampak menghias kue berbentuk Jembatan Ujung Galuh, jembatan yang baru saja dioperasik­an di Surabaya Selatan. ’’Wah, iki nggawe Jembatan Ujung Galuh,’’ celetuk Risma lalu tertawa ketika meninjau stan kue tersebut.

Dalam peringatan Hari Kartini itu, Risma menyampaik­an peran perempuan dalam pekerjaan dan rumah tangga. Menurut dia, sesukses apa pun dalam pekerjaan, perempuan tetap harus memenuhi tugas sebagai ibu dan istri. ’’Tidak ada korelasiny­a antara jabatan dan peran kita sebagai seorang ibu dan istri,’’ jelasnya.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? SERU: Inna Nurhayati (tengah), staf bidang perekonomi­an Kecamatan Bulak, mengikuti lomba makan kerupuk pada peringatan Hari Kartini di halaman Balai Kota Surabaya kemarin.
DITE SURENDRA/JAWA POS SERU: Inna Nurhayati (tengah), staf bidang perekonomi­an Kecamatan Bulak, mengikuti lomba makan kerupuk pada peringatan Hari Kartini di halaman Balai Kota Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia