Jawa Pos

Pelindo Kerahkan Anak Perusahaan

Untuk Kelola Wisata Petekan

-

SURABAYA – Pelindo III semakin mantap mewujudkan wisata Petekan. Salah satu BUMN itu menggagas wisata yang lebih lengkap. Tak hanya menawarkan wisata perahu yang menyusur Kalimas, mereka juga menjajal ide untuk wisata pesisir dari gedung Petekan Riverside. Untuk mewujudkan­nya, Pelindo mengerahka­n anak perusahaan sebagai pengelola.

Kepala Humas Pelindo III Cabang Tanjung Perak Daddy Sumartono menjelaska­n, pihaknya sedang mengembang­kan konsep wisata Petekan yang lebih terpadu. Dalam proses itu, manajemen mengajak anak perusahaan yang punya pengalaman mengelola tempat wisata. ’’Asetnya memang masih milik Pelindo III, tapi pengelolaa­nnya kami serahkan ke PT Pelindo Properti Indonesia (PPI),’’ jelasnya kemarin (21/4).

Dia mengungkap­kan, PPI sudah punya pengalaman mengelola tempat wisata, yakni Surabaya North Quay (SNQ). Tempat nongkrong area lantai 3 di Dermaga Gapura Surya Nusantara (GSN) itu pun diakui punya konsep yang mirip dengan gedung Petekan Riverside. Yakni, pusat kuliner yang juga punya poin wisata tersendiri.

Pengunjung SNQ biasanya datang untuk menikmati pemandanga­n laut dan kapal pesiar yang sesekali muncul. Sedangkan Riverside bakal menawarkan jasa perahu yang bakal menyusuri Kalimas hingga tengah kota. ’’Karena sama-sama soal kuliner plus tempat nongkrong, nanti kami serahkan pengelolaa­nnya ke PPI,’’ ujarnya.

Bukan hanya wisata susur sungai, Pelindo III juga sedang meramu paket wisata dermaga sampai ke laut lepas dari gedung tersebut. Konsep itu pun bakal melibatkan anak perusahaan Pelindo III yang lain, yaitu Pelindo Marine Service. Kebetulan, PT PMS memang menyediaka­n jasa cruise ringan mengelilin­gi Selat Madura bernama Artama Cruise.

’’Jadi, tidak hanya wisata sungai, nanti pengunjung juga bisa menikmati wisata dermaga dan wisata laut saat gedung sudah beroperasi,’’ ungkapnya.

Soal target realisasi, Daddy masih berpegang terhadap tenggat waktu yang diberikan CEO Pelindo III Ari Askhara. Menurut dia, gedung dan taman bisa dibuka untuk masyarakat Surabaya Oktober nanti. ’’Saat ini kami mengerjaka­n akses pintu dari dua sisi. Baik dari taman sebelah Jembatan Petekan maupun dari Dermaga Kalimas,’’ ungkapnya. Memang,masih banyak pekerjaan yang tersisa. Pekerjaan selanjutny­a adalah mengeruk alur sungai agar lebih dalam dan bisa dilewati kapal sekelas Artama Cruise. Selain itu, pihaknya harus meneken kerja sama dengan pemkot untuk merealisas­ikan wisata susur sungai. Namun, Daddy merasa yakin bisa membuka fasilitas tersebut tepat waktu. ’’Pekerjaan kami masih lancar. Tidak perlu ada yang dikhawatir­kan,’’ ucapnya.

 ?? SALSABYL/JAWA POS ?? DESTINASI BARU: Dermaga Petekan di Kalimas yang akan menjadi salah satu tujuan wisata air di Surabaya.
SALSABYL/JAWA POS DESTINASI BARU: Dermaga Petekan di Kalimas yang akan menjadi salah satu tujuan wisata air di Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia