Jawa Pos

BUKAN BALAS DENDAM, CUMA PENUH MOTIVASI

-

MUENCHEN – James Rodriguez memiliki koleksi trofi yang komplet bersama Real Madrid. Mulai La Liga (2016–2017), Liga Champions (2015–2016, 2016–2017), Piala Super Eropa (2014, 2016), dan Piala Dunia Antarklub (2014, 2016)

Tapi, raihan itu tak lantas membuat bintang Kolombia tersebut puas. Minimnya jam terbang akibat berjejalny­a pemain kelas wahid di skuad Real Madrid yang jadi penyebab. Yang kemudian mendorong dia hengkang ke Bayern Muenchen dengan status pinjaman.

Karena itu, semifinal pertama Liga Champions dini hari nanti WIB menjadi spesial bagi kapten tim nasional Kolombia tersebut. Sebab, bersama Bayern dia akan menjamu Real Madrid.

”Saya percaya tak perlu menyebut pertanding­an ini sebagai satu upaya balas dendam. Pertemuan ini hanya dua laga untuk mencari pemenang menuju final,” ucap James seperti diberitaka­n ESPN kemarin (24/4).

James menyatakan, periode bermain untuk Real adalah salah satu masa yang indah. Sebab, dia berada di lingkaran perkawanan yang menyenangk­an dan meraih keharuman nama.

Meski James berkata tak ada dendam, legenda Kolombia Carlos Valderrama yakin James akan punya motivasi berlipat melawan mantan klubnya tersebut. ”Dia (James, Red) sangat ingin berada di lapangan demi alasan apa pun. Saya mendukung Bayern karena di sanalah James,” katanya kepada El Heraldo.

Der trainer Bayern Jupp Heynckes di situs resmi UEFA mengatakan, James merupakan salah seorang pemain yang paling berkembang sejak kedatangan­nya menggantik­an Carlo Ancelotti pada 9 Oktober silam. Pesan pertama Heynckes saat itu kepada James simpel.

Karena berada di lingkungan yang mayoritas berbahasa Jerman, pelatih 72 tahun itu meminta James belajar bahasa Jerman. ”James dalam kondisi sedikit terpuruk ketika saya datang. Saya pun berbicara dengannya dan membangkit­kan motivasiny­a kembali,” ungkap Heynckes. ”Kini dia lebih terbuka dan lebih ekspresif,” tambahnya.

Di sisi lain, perebutan lini depan Real sejak ditinggal James kian seru. Gareth Bale, Karim Benzema, Isco, Lucas Vazquez, dan Marco Asensio saling berebut untuk dua tempat tersisa (mendamping­i Cristiano Ronaldo). Sedangkan formasi gelandang mutlak dikuasai Luka Modric, Casemiro, dan Toni Kroos.

Isco menunjukka­n tanda-tanda gerah karena mengalami hal yang sama seperti James musim lalu, yakni rotasi. Dia bahkan secara terang-terangan menyebutka­n, bermain untuk Spanyol dan entrenador Julen Lopetegui lebih menyenangk­an ketimbang berada di Real dan di bawah Zinedine Zidane.

 ?? FOTO: LUKAS BARTH-RODRIGO JIMENEZ/ EPA-EFE – GRAFIS: ERIE DINI/JAWA POS ??
FOTO: LUKAS BARTH-RODRIGO JIMENEZ/ EPA-EFE – GRAFIS: ERIE DINI/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia