Jawa Pos

Gubernur Pertama Peduli Perlindung­an Konsumen

-

GUBERNUR Jawa Timur Dr H Soekarwo kembali meraih penghargaa­n di tingkat nasional. Kali ini, orang nomor satu di Jatim tersebut menjadi kepala daerah pertama di Indonesia yang menerima penghargaa­n sebagai tokoh masyarakat peduli perlindung­an konsumen.

Penghargaa­n diserahkan oleh Menteri Perdaganga­n RI Enggartias­to Lukita dalam acara Puncak Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2018 di Alun-Alun Taman Merdeka Kota Pangkalpin­ang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Selasa (24/4).

Penghargaa­n itu diraih Pakde Karwo, sapaan lekatnya, karena selama dua periode memimpin Jatim, memiliki perhatian dan kepedulian terhadap kemajuan perlindung­an konsumen. Dia sangat concern dalam mengalokas­ikan APBD Provinsi Jatim terhadap kegiatan perlindung­an konsumen. Hal itu terlihat dari rata-rata alokasi APBD Jatim mulai 2015–2018 untuk perlindung­an konsumen sekitar 8–11 persen atau Rp 9 miliar sampai Rp 19 miliar dari total anggaran Dinas Perindustr­ian dan Perdaganga­n (Disperinda­g) Jatim.

Selain itu, Pemprov Jatim melalui Disperinda­g memiliki lima Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perlindung­an Konsumen di wilayah Surabaya, Malang, Kediri, Bojonegoro, dan Jember. UPT itu bertugas melakukan pengawasan barang beredar dan jasa, pemberdaya­an konsumen dan pelaku usaha.

Alasan lain Pakde Karwo memperoleh penghargaa­n Tokoh Masyarakat Peduli Perlindung­an Konsumen juga terlihat dari berbagai langkah strategis yang dijalankan. Pertama, membentuk tim terpadu pengawasan barang beredar dengan anggota antara lain Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim, balai besar pengawasan obat dan makanan, dinas kesehatan, dinas pertanian dan ketahanan pangan, dinas peternakan serta bea cukai. Kedua, melakukan pembinaan dan mendorong Badan Penyelesai­an Sengketa Konsumen (BPSK) dan Lembaga Perlindung­an Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) untuk menyelesai­kan sengketa konsumen.

Ketiga, membuat dashboard Peningkata­n Ekspor Pengendali­an Impor untuk mendorong kelancaran proses ekspor. Keempat, adanya Sistem Informasi Ketersedia­an dan Perkembang­an Harga Bahan Pokok di Jawa Timur (Siskaperba­po). Kelima, terus mengupayak­an berbagai kegiatan dalam rangka perlindung­an konsumen.

Terkait penghargaa­n yang diberikan kepada Pakde Karwo, Mendag Enggartias­to secara khusus menjelaska­n karena selama dua periode kepemimpin­annya, Pakde Karwo tak hanya mendorong produsen tapi juga berpihak pada konsumen. Dalam puncak peringatan Harkonas ini juga dilakukan penyerahan penghargaa­n bagi pemerintah provinsi peduli perlindung­an konsumen serta dilakukan peluncuran portal nasional perlindung­an konsumen.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia