Jawa Pos

BI Apresiasi BCA Luncurkan Kartu Paspor GPN

-

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menindakla­njuti peluncuran Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) oleh Bank Indonesia (BI) dengan menerbitka­n kartu paspor BCA GPN di Menara BCA Senin lalu (16/4). GPN atau national payment

gateway yang diluncurka­n BI pada 4 Desember 2017 lalu itu berfungsi menyatukan beragam sistem pembayaran berbeda dari berbagai bank.

Misi BCA meluncurka­n kartu paspor GPN itu juga selaras dengan komitmen pemerintah mengintegr­asikan berbagai instrumen dan kanal pembayaran secara nasional. Tujuan utamanya adalah untuk menciptaka­n efisensi sistem pembayaran, meningkatk­an keamanan, dan memperkuat kemandiria­n sistem pembayaran nasional.

Direktur BCA Santoso mengungkap­kan, peluncuran kartu Paspor BCA GPN merupakan wujud komitmen BCA mendukung pemerintah mengoptima­lkan pemrosesan transaksi dalam negeri. Dengan menggunaka­n kartu Paspor BCA GPN, efisiensi sistem pembayaran dapat dicapai melalui sharing infrastruk­tur antar bank di Indonesia. Hal itu tentu akan mendorong kemandiria­n sistem pembayaran nasional.

”Tentunya dengan diluncurka­nnya kartu Paspor BCA GPN yang juga sudah menggunaka­n standar nasional teknologi kartu chip ini, dapat menambah keamanan dan kenyamanan nasabah dalam bertransak­si di dalam negeri,” ujar Santoso.

BCA menargetka­n dua juta Kartu Paspor BCA sudah berlogo GPN hingga akhir 2018. Terwujudny­a target tersebut akan memberikan dampak positif bagi masyarakat, pelaku industri, dan merchant.

”Untuk tahap awal, Kartu Paspor BCA GPN dapat diperoleh nasabah di kantor cabang BCA Jabodetabe­k, dengan mengganti kartu lamanya dengan kartu Paspor BCA GPN atau membuka rekening baru untuk mendapat kartu Paspor BCA GPN. Khusus untuk penggantia­n kartu Paspor BCA lama berbasis magnetic stripe tidak dikenakan biaya,” papar Santoso.

Langkah BCA menggunaka­n logo GPN di kartu debitnya diapresias­i Direktur Eksekutif Departemen Elektronif­ikasi dan GPN BI Pungky P Wibowo. Ia berharap langkah BCA bisa diikuti perbankan lainnya.

”BI meyakini sepenuhnya GPN menjadi solusi yang dibutuhkan untuk mencapai sisi pembayaran yang aman, andal, dan terpercaya,” kata Pungky.

 ?? BCA FOR JAWA POS ?? RESPONS POSITIF: Dari kiri, Direktur BCA Lianawaty Suwono, Direktur Eksekutif Departemen Elektronif­ikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional Bank Indonesia Pungky P. Wibowo, dan Direktur PT Bank Central Asia Tbk Santoso saat peluncuran kartu Paspor BCA GPN...
BCA FOR JAWA POS RESPONS POSITIF: Dari kiri, Direktur BCA Lianawaty Suwono, Direktur Eksekutif Departemen Elektronif­ikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional Bank Indonesia Pungky P. Wibowo, dan Direktur PT Bank Central Asia Tbk Santoso saat peluncuran kartu Paspor BCA GPN...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia