Jawa Pos

Lewy Belajar dari Hoki Es

-

JIKA Cristiano Ronaldo banjir pujian karena mencetak gol chilena (bicycle kick) ke gawang Juventus di perempat final Liga Champions (4/4), Robert Lewandowsk­i tidak mau kalah. Gol pertama Bayern Muenchen ke gawang Bayer Leverkusen di semifinal DFB Pokal sepekan lalu (18/4) dihasilkan Lewy lewat flick cantik. Berawal dari sepakan gelandang bertahan Bayern Javi Martinez, Lewy dalam posisi membelakan­gi gawang melakukan flick dengan kaki kiri sehingga mengecoh kiper Bernd Leno. Trik mencetak gol itu ternyata dipelajari khusus oleh Lewy. ”Saya mempelajar­i trik itu dari para pencetak gol di (pertanding­an) hoki es,” ucap kapten timnas Polandia tersebut kepada Bild. ”Dan, saya sudah (berhasil) melakukann­ya tiga atau empat kali,” imbuhnya. Lewy menjelaska­n bahwa trik tersebut dilatihnya berulang-ulang. Sebab, untuk menghasilk­an gol dengan flick, dibutuhkan momentum serta posisi tubuh yang pas. ”Trik ini menyulitka­n barisan pertahanan lawan, terutama kiper. Sedikit sentuhan yang saya lakukan memberikan hasil yang berbeda untuk situasi tersebut,” kata Pemain Terbaik Bundesliga 2016–2017 tersebut. Lewy sejatinya pernah mencetak gol-gol flick jauh sebelumnya. Salah satunya semasa membela Borussia Dortmund dan korbannya adalah kiper Bayern Manuel Neuer. Itu terjadi dalam pertanding­an Bundesliga pada 12 April 2012. Lewy mencetak gol kemenangan Dortmund yang memastikan Die Borussen merengkuh juara Bundesliga 2011–2012. Apakah trik yang sama akan dipakai untuk mengelabui kiper Real Madrid Keylor Navas dini hari nanti WIB (26/4)? ’’Anda tak pernah tahu kapan momentum itu datang lagi,” tutur suami trainer fitnes Anna Lewandowsk­a tersebut.

 ?? JOSE MANUEL VIDAL/EPA-EFE ?? KECOH: Aksi Robert Lewandowsk­i mengelabui bek Sevilla Simon Kjaer dalam perempat final Liga Champions di Ramon Sanchez Pizjuan (11/4).
JOSE MANUEL VIDAL/EPA-EFE KECOH: Aksi Robert Lewandowsk­i mengelabui bek Sevilla Simon Kjaer dalam perempat final Liga Champions di Ramon Sanchez Pizjuan (11/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia