Jawa Pos

Menguji Filosofi Turunan Sacchi

-

MUENCHEN – Arrigo Sacchi ikut terseret dalam head-to-head pertama Jupp Heynckes versus Zinedine Zidane di Allianz Arena dini hari nanti WIB (26/4). Bagaimana tidak, Sacchi adalah sosok di balik filosofi juru taktik Bayern Muenchen dan Real Madrid tersebut.

Meski keduanya berada dalam lintas generasi yang berbeda. Selisih usianya saja 27 tahun. Heynckes berusia 72 tahun, sedangkan Zidane 45 tahun. Terlepas kalah jam terbang, Zidane justru mendapatka­n turunan langsung filosofi Sacchi melalui Carlo Ancelotti. Tepatnya saat Zizou menjadi asisten Ancelotti pada musim 2013–2014.

Di sisi lain, Heynckes dikenal sebagai pengagum Sacchi. Dia membuktika­nnya saat menukangi Real pada 1997–1998. Osram, julukan Heynckes, menerapkan formasi 4-4-2 dengan pressing tinggi di Los Merengues. Gaya seperti itulah yang dipamerkan Sacchi ketika mengantar AC Milan dalam masa kejayaanny­a pada periode 1987–1991. Heynckes pun mengangkat Si Kuping Lebar untuk kali pertama dengan filosofi Sacchi itu.

Hal tersebut berlanjut saat Heynckes menangani Bayern dengan puncaknya, juara Liga Champions 2012-2013. Formasi 4-2-3-1, 4-1-4-1, maupun 4-3-3 racikan Heynckes masih efektif saat dia kembali ke klub asal Bavaria itu pada pertengaha­n musim ini.

Kedekatan filosofi antara Sacchi-Ancelotti serta Heynckes itu pula yang dianggap bek Bayern Jerome Boateng sebagai alasan lancarnya transisi dari Ancelotti ke Heynckes. ’’Dia (Ancelotti) sama dengan Heynckes. Tidak banyak pelatih yang bisa identik dengannya dari sisi taktikal,’’ paparnya kepada Abendzeitu­ng.

Bagaimana dengan Zidane? Dilansir Sport

saat berbicara di Saebener Strasse tadi malam WIB (24/4), Heynckes menganggap Zidane telah menyempurn­akan filosofi Sacchi. ’’Saya pernah melawan tactician-tactician

hebat seperti Sacchi, (Johan Cruijff ), Marcelo Lippi, (Ernst) Happel, maupun (Hennes) Weisweiler. Mereka pelatih fantastis. Tapi, saya lebih kagum dengan Zizou. Khususnya ketenangan­nya di pinggir lapangan,’’ papar Heynckes.

STATISTIK

 ?? CHRISTIAN BRUNA/EPA-EFE ?? SENIOR-JUNIOR: Jupp Heynckes sedang memimpin sesi latihan Bayern di Saebener Strasse kemarin (24/4). Heynckes bakal beradu taktik dengan Zinedine Zidane (foto atas) yang lebih muda 27 tahun.
CHRISTIAN BRUNA/EPA-EFE SENIOR-JUNIOR: Jupp Heynckes sedang memimpin sesi latihan Bayern di Saebener Strasse kemarin (24/4). Heynckes bakal beradu taktik dengan Zinedine Zidane (foto atas) yang lebih muda 27 tahun.
 ?? JUAN CARLOS CARDENAS/EPA-EFE ??
JUAN CARLOS CARDENAS/EPA-EFE

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia