Jawa Pos

Peluang Tampil di Piala Dunia Antarklub

-

JAWARA Liga Europa bisa tampil di Piala Dunia Antarklub untuk edisi 2021. Sebab, FIFA sebagai induk organisasi sepak bola dunia berencana menambah jumlah kontestan Piala Dunia Antarklub 2021.

Jika sebelumnya turnamen hanya melibatkan jawara kontinenta­l plus tim tuan rumah, nanti jumlah kontestan membengkak menjadi 24 tim. Di antara 24 tim tadi, 12 tim berasal dari Eropa. Perinciann­ya, 4 jawara terbaru Liga Champions, 4 runner-up terbaru Liga Champions, dan 4 pemenang terbaru Liga Europa. Amerika Selatan juga memiliki empat wakil. Yaitu, empat jawara terbaru Copa Libertador­es.

Kabarnya, Piala Dunia Antarklub format baru itu akan menggusur agenda FIFA lainnya seperti Piala Konfederas­i. Meski dilabeli Piala Dunia Mini karena mempertemu­kan juara antarkonti­nental, Piala Konfederas­i tidak punya nilai jual.

Rencana untuk menggulirk­an format baru Piala Dunia Antarklub 2021 makin matang. Sebab, FIFA sudah menjalin komunikasi dengan satu konsorsium yang berisi investor asal Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat. Mereka bersedia memegang hak penyelengg­araan Piala Dunia Antarklub 2021. Investor itu sanggup membayar USD 25 miliar (Rp 346 triliun) yang ditawarkan FIFA sebagai syarat pemegang hak penyelengg­araan Piala Dunia Antarklub selama 12 tahun.

Anehnya, FIFA malah mengulur pertemuan dengan konsorsium tersebut yang dijadwalka­n terjadi bulan depan. FIFA lewat situs resminya menyatakan bahwa pertemuan dengan investor tetap berjalan sesuai dengan rencana. ’’Seperti yang disepakati di Bogota selama pertemuan terakhir, anggota diberi informasi terperinci tentang diskusi yang sedang berlangsun­g dengan mitra potensial,’’ kata FIFA.

 ?? MARTIN DOKOUPIL/EPA ?? LEBIH KOMPETITIF: Sergio Ramos (kiri) berduel dengan bomber Gremio Lucas Barrios di final Piala Dunia Antarklub.
MARTIN DOKOUPIL/EPA LEBIH KOMPETITIF: Sergio Ramos (kiri) berduel dengan bomber Gremio Lucas Barrios di final Piala Dunia Antarklub.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia