Jawa Pos

Pembuktian Macan Kemayoran

-

SINGAPURA – Luar biasa Persija Jakarta. Wakil Indonesia tersebut melenggang ke semifinal zona Asia Tenggara Piala AFC 2018. Itu berkat kesuksesan Macan Kemayoran –julukan Persija– menjadi juara grup H babak penyisihan setelah mengalahka­n tuan rumah Tampines Rovers 4-2 di Stadion Jalan Besar, Singapura, kemarin (24/4).

Pelatih Persija Stefano Cugurra Teco mengatakan, sukses lolos ke babak selanjutny­a adalah pembuktian dari timnya. Apalagi, sebelumnya banyak yang meragukan Persija bisa bersaing dengan tim-tim dari Asia lainnya. ’’Kami kerja keras untuk itu. Memberikan bukti bahwa kami bisa melaju ke babak selanjutny­a,’’ kata Teco.

Menurunkan komposisi terbaik, Persija unggul dulu lewat gol bek kiri Rezaldi Hehanusa pada menit ke-23. Setelah itu, tiga gol Macan Kemayoran yang lain dicetak oleh Marko Simic pada menit ke-45+1, Novri Setiawan (51’), dan Addison Alves (72’). Sedangkan dua gol tuan rumah lahir dari aksi Jordan Webb pada menit ke-27 dan Fazrul Nawaz (80’).

Meski tidak mencetak gol, winger Riko Simanjunta­k layak dinobatkan sebagai bintang kemenangan Persija. Pemain mungil yang beroperasi di sayap kanan tersebut berhasil mengobraka­brik pertahanan lawan. Gelandang 26 tahun itu memberikan assist untuk gol Rezaldi, Simic, dan Novri.

Teco pun memberikan apresiasi kepada Riko. Namun, pelatih asal Brasil itu tidak memberikan pujian yang berlebihan. Menurut dia, kemenangan timnya atas Tampines Rovers adalah buah dari kerja keras semua pemain.

Teco belajar dari kemenangan 4-0 yang diraih Persija saat menjamu Tampines Rovers di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada pertemuan pertama. ’’Kami pertahan- kan spirit itu hari ini (kemarin). Akhirnya, kami kembali menang dengan cetak 4 gol,’’ katanya.

Sayangnya, kemenangan Persija harus dibayar mahal dengan cederanya dua pemain andalan. Yakni, bek tengah Jaimerson Xavier dan gelandang Ramdani Lestaluhu. ’’Kami masih menunggu hasil observasi dokter tim. Mudah-mudahan cedera mereka tidak seberapa parah karena kami akan melakukan pertanding­an penting pada akhir pekan nanti (menjamu Persib Bandung di ajang Liga 1),’’ kata Teco.

Persija tinggal menunggu lawan di semifinal zona Asia Tenggara. Alternatif­nya adalah juara grup F, juara grup G, atau runner-up terbaik dari grup F, G, dan H. Juara grup F ditentukan pada laga terakhir hari ini antara Ceres Negros FC melawan Home United. Juara grup G sudah dikunci Yangon United. Sedangkan untuk runner-up terbaik dipastikan berasal dari grup F. Yakni, Ceres Negros FC atau Home United.

Tampines Rovers vs

vs Song Lam Nge An

1. Persija Jakarta 6 4 1 1 13-6 13 2. Song Lam Nge An 6 3 1 2 8-5 10 3. Johor Darul Takzim 63 1 2 8-9 10 4. Tampines Rovers 60 1 5 5-14 1 - Persija lolos ke semifinal zona Asia Tenggara

 ?? PERSIJA FOR JAWA POS ?? MANTAP: NovriSetia­wan (dua dari kanan) disambut oleh (dari kiri) Sandi Sute, Rohit Chand, dan Marko Simic s e t e lah mencetak gol ketiga Persija ke gawang Tampines Rovers di Stadion Jalan Besar, Singapura, kemarin.
PERSIJA FOR JAWA POS MANTAP: NovriSetia­wan (dua dari kanan) disambut oleh (dari kiri) Sandi Sute, Rohit Chand, dan Marko Simic s e t e lah mencetak gol ketiga Persija ke gawang Tampines Rovers di Stadion Jalan Besar, Singapura, kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia