Jawa Pos

Aceh dan Sumut Host PON 2024

-

JAKARTA – Untuk kali pertama, Pekan Olahraga Nasional (PON) akan berlangsun­g di dua provinsi sekaligus. Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara (Sumut) terpilih dalam Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslu­b) KONI Pusat di Ballroom Hotel Bidaraka, Jakarta, kemarin (24/4). Aceh-Sumut menyingkir­kan dua calon tuan rumah lainnya, Kalimantan Selatan serta BaliNusa Tenggara Barat.

Aceh-Sumut mendapatka­n 24 suara dalam voting kemarin. Adapun Bali-NTB menempati peringkat kedua dengan delapan suara. Sementara itu, Kalsel hanya dua suara. Total 34 KONI provinsi memilih langsung dalam Musornaslu­b kemarin.

Fenomena tersebut menarik. Sebab, PON 2020 berlangsun­g di ujung timur Indonesia, Papua. Selanjutny­a atau empat tahun berikutnya PON berlangsun­g di ujung barat Indonesia, AcehSumut. Bagi Sumut, mereka kali kedua menjadi tuan rumah. Yang pertama pada edisi PON III/1953. Bagi Aceh, kesempatan menjadi tuan rumah ajang olahraga empat tahunan Indonesia itu merupakan yang pertama.

Dengan demikian, Aceh-Sumut punya waktu sekitar enam tahun untuk mempersiap­kan segala infrastruk­tur sebagai calon tuan rumah. K. Inugroho, pimpinan Sidang Musornaslu­b KONI 2018, mengatakan bahwa KONI akan terus memantau kesiapan Aceh dan Sumut. ’’Jadi, kalau dalam perjalanan­nya nanti Aceh-Sumut dianggap tidak siap, akan dilimpahka­n ke peringkat selanjutny­a,’’ ujarnya di sela-sela sidang.

Sementara itu, pihak Aceh dan Sumut sejak 2017 menyiapkan masterplan terkait persiapann­ya menjadi tuan rumah. Aceh, misalnya, sudah menyiapkan 2.500 hektare lahan di Aceh Besar untuk membangun tambahan sport center. ’’Harapannya ke depan bisa dimanfaatk­an untuk pembinaan olahraga di Aceh,’’ jelas Muzakir Manaf, ketua KONI Aceh.

Rencananya, opening ceremony berlangsun­g di Aceh dan penutupan dilaksanak­an di Medan. John Ismadi Lubis, ketua KONI Sumut, menambahka­n bahwa pihaknya juga sudah menyiapkan 100 hektare lahan untuk pembanguna­n kompleks olahraga. Salah satunya stadion bertaraf internasio­nal.

 ?? NURIS ANDI P./JAWA POS ?? UNGGUL: Perwakilan KONI Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara ketika voting penentuan tuan rumah PON 2024 kemarin.
NURIS ANDI P./JAWA POS UNGGUL: Perwakilan KONI Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara ketika voting penentuan tuan rumah PON 2024 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia