Jawa Pos

Korsel Kepung Ganda Indonesia

Ahsan/Hendra dan Angga/Rian Lolos Kualifikas­i Grup

-

WUHAN – Delegasi Indonesia memulai perjuangan di babak pertama Badminton Asia Championsh­ips (BAC) 2018 hari ini. Pada kualifikas­i kemarin (24/4), Indonesia menempatka­n dua ganda putra yang lolos ke babak utama.

Angga Pratama/Rian Agung Saputro dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan memang harus melalui babak kualifikas­i grup sebelum tampil di babak utama. Dua pasangan tersebut merupakan pasangan lama yang kembali dipersatuk­an sejak awal tahun ini. Sejauh ini, baru Ahsan/Hendra yang bisa mendulang gelar. Itu pun melalui turnamen sekelas Malaysia Internatio­nal Challenge 2018.

Pada BAC yang berlangsun­g di Wuhan Sports Center, Tiongkok, kali ini, PP PBSI melihat adanya peluang buat mereka merengkuh prestasi terbaik. Pada babak pertama hari ini, Ahsan/Hendra akan berjumpa dengan pasangan Korea Selatan (Korsel), Kim Won-ho/Seo Seung-jae.

’’Asalkan Ahsan/Hendra main normal, saya rasa ada peluang untuk menang,’’ kata Thomas Indratjaja, asisten pelatih ganda putra, dalam surat elektronik PP PBSI. Tenaga muda pasangan Korsel itu harus diredam dengan permainan tempo yang kerap dijalankan Hendra Setiawan.

Selain Ahsan/Hendra, dua wakil Indonesia menghadapi pasangan Korsel.

Mereka adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang berjumpa Hyuk Gyun-choi/Park Kyung-hoon dan Berry Angriawan/Hardianto yang melawan Choi Solgyu/Kim Jae-hwan.

Sekjen PP PBSI Ahmad Budiharto melihat tantangan terbesar sebenarnya di sektor tunggal putra. ’’Tiga pemain utama kami yang juga akan terjun di Piala Thomas,’’ terangnya di sela-sela musornaslu­b KONI pusat.

Itu akan menjadi bahan evaluasi sebelum menurunkan skuad utama di Thomas-Uber Cup pada 20–27 Mei mendatang. Target jangka menengahny­a adalah menyiapkan tim untuk kebutuhan Asian Games 2018.

’’Kami katakan, peluang kami yang terbesar adalah tahun ini. Kami punya kelemahan di tunggal putra. Mereka belum stabil,’’ ujar Budi. Namun, mulai tahun lalu, penampilan Anthony dan Jonatan cenderung stabil.

Hanya Ihsan Maulana Mustofa yang belum menemukan performa terbaiknya. ’’Kami harap ada keyakinan, paling tidak dapat 1 poin dari tunggal putra di Thomas Cup nanti,’’ terangnya.

 ?? PBSI ?? MENANG MUDAH: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menghadapi Ahmad Mahyudin/Mohamad Fairie (Brunei) pada babak kualifikas­i grup BAC di Wuhan, Tiongkok, kemarin.
PBSI MENANG MUDAH: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menghadapi Ahmad Mahyudin/Mohamad Fairie (Brunei) pada babak kualifikas­i grup BAC di Wuhan, Tiongkok, kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia