Jawa Pos

Pentol dan Pupul Siap Kembali ke Air

-

SURABAYA – Atlet ski air Jatim M. Zahidi Putut Pranoto dan Endhar Pupul Giritya berada dalam masa pemulihan cedera. Kemarin (24/4) mereka menjalani sesi latihan rutin bersama konsultan olahraga KONI Jatim Russel Mathenda.

Pentol –sapaan akrab Zahidi Putu Pranoto– sudah tiga bulan menjalani masa rehabilita­si. Dia mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL) saat mengikuti kejuaran ski di Australia pada 2014. Pada Februari lalu, dia melakukan operasi meniskus lutut kiri. Menurut perkiraan dokter, Pentol harus beristirah­at selama sembilan bulan.

’’Bisa dibilang kondisi saya sudah hampir 90 persen. Pemulihan berlangsun­g lebih cepat dan lancar. Bulan depan mulai latihan di air, tapi tidak langsung dilepas. Masih lebih banyak latihan di sini (rehabilita­si),” ujar pemecah rekor ski air nomor jumping pada SEA Games 2017 itu.

Begitu halnya dengan Endhar Pupul Giritya. Dia mengalami cedera patah tulang lengan saat Kejurnas Indonesia Open 2015 di Danau Sanguling, Kabupaten Bandung. Cedera tersebut juga membuat penampilan­nya di PON XIX/2016 tidak maksimal. Apalagi, saat itu, Pupul baru dua bulan melahirkan.

’’Sebenarnya lengan kiri saya belum enak digerakkan. Apalagi, kondisi tubuh tidak sama setelah hamil. Makanya, saya minta tambahan latihan untuk penguatan otot,” ungkap Pupul.

Konsultan olahraga KONI Jatim Russel Mathenda melihat perkembang­an dua atlet andalan Jatim itu cukup baik. Bahkan, setelah menjalani rangkaian latihan rehabilita­si, kondisi kaki Pentol yang cedera lebih kuat dari kaki satunya.

’’Kemungkina­n Mei mereka sudah bisa latihan di air. Tentu hanya beberapa kali sesi di air dan tetap menjalani sesi rehabilita­si di sini (KONI),” ucap pria asal Australia tersebut.

 ?? RAGIL PUTRI IRMALIA/JAWA POS ?? PEMULIHAN: Atlet ski air Jatim M. Zahidi Putu Pranoto melakukan terapi di tangga gedung KONI kemarin. Bulan depan dia sudah berlatih di air.
RAGIL PUTRI IRMALIA/JAWA POS PEMULIHAN: Atlet ski air Jatim M. Zahidi Putu Pranoto melakukan terapi di tangga gedung KONI kemarin. Bulan depan dia sudah berlatih di air.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia