Jawa Pos

Hadapi Bulan Krusial untuk Tetap Nomor Satu

-

BARCELONA – Sepanjang karirnya sejak 2001, Rafael Nadal tercatat sudah empat kali mengakhiri musim sebagai petenis nomor satu dunia. Itu terjadi pada 2008, 2010, 2013, dan 2017. Petenis 31 tahun tersebut mengaku masih ingin menambah panjang catatan itu.

Jika ingin mewujudkan­nya pada akhir 2018, Nadal bakal memasuki fase krusial mulai bulan ini. Sebab, memasuki bulan turnamen lapangan tanah liat, dia harus mempertaha­nkan gelar pada tiga ajang sekaligus. Yakni, Monte Carlo Masters, Barcelona Open, dan Madrid Open.

Minggu (22/4) Nadal memulainya dengan mempertaha­nkan gelar di Monte Carlo. Pada partai final, dia mengempask­an perlawanan petenis Jepang Kei Nishikori 6-3, 6-2. Yang bikin lebih spesial, sepanjang kejuaraan, El Matador tidak kehilangan satu set pun. ’’Saya memulai setiap tahun dari nol,’’ ucap Nadal sebagaiman­a dilansir surat kabar asal Inggris Daily Express.

Setelah sukses merengkuh titel ke-11 di Monte Carlo, Nadal saat ini berjuang di Barcelona Open. Pemilik 16 titel grand slam tersebut memulai turnamen dengan melawan rekan senegarany­a, Roberto Carballes Baena. Pertanding­an berlangsun­g sore nanti.

Selain Barcelona Open dan Madrid Open, pertarunga­n sesungguhn­ya bagi Nadal bakal terjadi dalam turnamen terpenting lapangan tanah liat, grand slam terbuka, yang bergulir mulai 28 Mei. Pada ajang itu, dia sudah menang sepuluh kali. Terbanyak dalam sejarah.

Nadal saat ini bersaing ketat dengan megabintan­g Swiss Roger Federer untuk memperebut­kan kursi ranking satu dunia. Posisi Nadal di puncak sempat diambil alih oleh Federer setelah menjadi juara grand slam Australia Open dan Rotterdam Open pada Februari lalu.

Namun, setelah terpuruk di Miami Open dengan terhenti di babak kedua, posisi Federer kembali melorot ke peringkat kedua. Setelah itu, Federer langsung mengumumka­n bakal absen di seluruh event tanah liat musim ini untuk menjaga kebugaran. ’’Apa yang paling penting untuk saya adalah ranking di akhir musim,’’ ucap Nadal.

 ?? CHRISTOPHE ENA/AP PHOTO ?? FOKUS: Petenis Spanyol Rafael Nadal bertekad untuk terus mempertaha­nkan posisinya sebagai petenis nomor satu dunia pada akhir 2018.
CHRISTOPHE ENA/AP PHOTO FOKUS: Petenis Spanyol Rafael Nadal bertekad untuk terus mempertaha­nkan posisinya sebagai petenis nomor satu dunia pada akhir 2018.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia