Jawa Pos

Hari Raya Jadi PR Pertama

-

SURABAYA – Perum DAMRI Cabang Surabaya berganti pemimpin. Laksamana Pertama (Laksma) TNI Totok Budi Susanto resmi dilantik di kantor Perum DAMRI Cabang Surabaya kemarin (24/4). Totok menggantik­an Purwanto, general manager sebelumnya.

Purnawiraw­an TNI-AL itu mengakui, banyak tantangan yang dihadapi di posisi barunya saat ini. Pekerjaan rumah yang paling dekat adalah persiapan angkutan Lebaran. ’’Sekarang prioritas utama kami adalah menghadapi hari raya. Bagaimana masyarakat bisa merayakan Lebaran dengan nyaman,’’ ujarnya setelah serah terima jabatan kemarin (24/4).

Untuk rencana jangka panjang, Totok menyatakan akan fokus pada upaya memaksimal­kan DAMRI sebagai angkutan murah dan nyaman. Terutama untuk angkutan reguler. Menurut Totok, tugas itu tidak mudah karena harus menerapkan dua mindset.

Pertama, pelayanan harus menjadi yang utama. Di sisi lain, dia dituntut untuk membawa DAMRI untung secara ekonomi. ’’Karena kami bukan PNS, tentu pembiayaan semua dari hasil operasiona­l kami,’’ jelasnya.

Totok menyadari bahwa hasil operasiona­l dari Perum DAMRI Cabang Surabaya saja tidak cukup. Pembiayaan masih jadi masalah utama bagi keberlangs­ungan Perum DAMRI. ’’Tapi, kami berbeda dengan swasta yang kalau rugi bisa gulung tikar tidak masalah. Sementara DAMRI harus terus jalan, apa pun yang terjadi,’’ jelasnya.

Karena itu, dia berupaya menggalang kerja sama dengan pihak-pihak lain. Salah satunya pemkot. Dia menjelaska­n, tanpa adanya dukungan dalam bentuk pembiayaan dari pemkot, beban Perum DAMRI bakal berat.

 ?? DEBORA DANISA S./JAWA POS ?? Totok Budi Susanto
DEBORA DANISA S./JAWA POS Totok Budi Susanto

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia