Jawa Pos

Jangan Panik, Cari Kain Basah

Berlatih Memadamkan Api dengan APAR

-

SURABAYA – Karena kebakaran bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, Satgas Pemadam Kebakaran (PMK) Surabaya berusaha mengajari seluruh lapisan masyarakat, terutama ibu rumah tangga, tentang cara memadamkan api. Baik menggunaka­n kain basah maupun alat pemadam api ringan (APAR).

Pelatihan tersebut diadakan di aula dan halaman kantor Kelurahan Ampel. Pesertanya, perwakilan dari puluhan RW di Kecamatan Semampir. Mereka diajari cepat tanggap saat ada kebakaran. ’’Pokoknya, tidak boleh panik. Saat ada percikan api, cepat-cepatlah cari kain basah,” ungkap instruktur diklat PMK Pemkot Surabaya Yudi Priyo kemarin (24/4).

Bersama temannya, dia memperagak­an cara mematikan api dengan handuk basah. Objeknya, api yang menyala di sekitar kompor gas. Itu adalah skenario terburuk yang mungkin terjadi di dapur. Simulasi lainnya digelar di halaman kantor kelurahan. Nyala api lebih besar. Peserta diajari memegang APAR secara benar. Banyak yang bersemanga­t mempraktik­kan pemadaman. Sebagian masih takut mengendali­kan api.

Instruktur pelatihan lainnya, M. Sjaiful Amin, menjelaska­n bahwa potensi terjadinya kebakaran di kawasan utara masih besar. Terutama permukiman padat penduduk. Karena itu, warga akan lebih banyak dilibatkan untuk menangani api di dalam gang. ’’Di sini, banyak rumah yang masuk gang. PMK sering kali mengalami kesulitan,” ungkap Sjaiful.

Menurut dia, petugas telah mengagenda­kan sosialisas­i rutin ke RT dan RW. Mereka diminta siaga bencana sebelum petugas datang ke lokasi. Sjaiful menjelaska­n, jumlah pos di kawasan utara sudah cukup banyak. Saat ini ada lima pos PMK lengkap dengan personelny­a. Ada juga kendaraan PMK yang stand by.

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? KONSENTRAS­I KE API: Tim PMK mengajari ibu-ibu menggunaka­n alat pemadam api ringan (APAR) di halaman kantor Kelurahan Ampel kemarin.
GHOFUUR EKA/JAWA POS KONSENTRAS­I KE API: Tim PMK mengajari ibu-ibu menggunaka­n alat pemadam api ringan (APAR) di halaman kantor Kelurahan Ampel kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia