Jawa Pos

Ingin Boezem Morokremba­ngan seperti Danau Sunter

-

SURABAYA – Keruhnya boezem Morokremba­ngan tidak jadi penghalang prajurit TNI-AL untuk melaksanak­an lomba dayung. Sebanyak 10 tim dayung perahu naga dan dayung perahu karet adu cepat menempuh jarak 500 meter pada babak penyisihan kemarin (24/4). Lomba itu dihelat setelah mereka bekerja bakti membersihk­an sampah dan enceng gondok di danau buatan di sebelah selatan Ksatrian AAL dan Kodiklatal, Bumimoro, tersebut.

AAL, Koarmatim, Kodiklatal, Lantamal, Pasmar-1 Puspenerba­l, RSAL dr Ramelan, Satlinlami­l Surabaya, Seskoal, dan STTAL masing-masing mengirimka­n satu tim. Bagian tengah boezem yang relatif bersih menjadi lintasan lomba dalam rangkaian Hari Pendidikan Angkatan Laut. ’’Sayang kalau boezem yang strategis ini tidak dipelihara secara optimal,’’ ujar Gubernur AAL Laksma TNI Wuspo Lukito.

Meski rutin dikeruk, fasilitas pengendali banjir itu masih mengalami pendangkal­an. Minimnya kesadaran warga menjadi salah satu penyebab penampunga­n air tersebut dibanjiri sampah rumah tangga. Mantan Komandan Satuan Lintas Laut Militer Surabaya itu memimpikan boezem Morokremba­ngan direvitali­sasi seperti Danau Sunter di Ancol, Jakarta.

Tantangan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastut­i kepada Pemprov Jakarta direspons dengan pembersiha­n secara terpadu. Hasilnya, danau yang dulu kotor dan dangkal itu dalam waktu singkat bisa dibuat balapan renang antara Susi melawan Wagub Jakarta Sandiaga Uno.

’’Semoga lomba dayung di Kalimas atau Kali Surabaya dalam rangka HUT Kota Surabaya dapat dialihkan ke boezem Morokremba­ngan,’’ ucap Wuspo.

Meski boezem Morokremba­ngan dibangun pemerintah pusat, pengelolaa­n tempat bermuarany­a Sungai Greges, Pesapen, dan Salatiga itu beralih ke pemkot sejak 2012. Dari 10 peserta, tim yang gagal lolos ke semifinal dan final hari ini (25/4) adalah Seskoal dan Lantamal V pada perahu naga serta Koarmatim, Kodiklatal, Seskoal, dan RSAL pada perahu karet.

Sementara itu, Kepala Rayon Genteng Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya Agung Wibisono menyatakan, pihaknya siap menormalis­asi boezem sesuai permintaan TNI-AL.

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? SENGIT: Balapan dayung perahu karet antara tim Armatim (kaus merah muda) dan tim Kodiklatal di boezem Morokremba­ngan, AAL Bumimoro, kemarin (24/4).
GHOFUUR EKA/JAWA POS SENGIT: Balapan dayung perahu karet antara tim Armatim (kaus merah muda) dan tim Kodiklatal di boezem Morokremba­ngan, AAL Bumimoro, kemarin (24/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia