Jawa Pos

Desa Melangkah Bikin Desa Aktif

-

SIDOARJO – Selesai sudah rangkaian program Desa Melangkah 2017. Diberikann­ya lima kategori penghargaa­n untuk sepuluh desa terbaik (lihat grafis) di Pendapa Delta Wibawa kemarin (24/4) menjadi penutup program tersebut. Desa yang belum mendapat penghar- gaan tidak perlu berkecil hati. Tahun ini masih ada kesempatan untuk berlomba menjadi yang terbaik.

Desa Melangkah Award 2017 dibuka oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Orang nomor satu di lingkup Pemkab Sidoarjo tersebut menyatakan kebanggaan­nya bisa memberikan penghargaa­n langsung kepada perwakilan desa. Dia juga mengapresi­asi program Desa Melangkah 2017 karena membuat desa aktif bergerak ke hal yang positif. Mulai tata kelola, kemandiria­n ekonomi, peningkata­n pelayanan publik, hingga pemberdaya­an masyarakat. ”Sehingga punya dampak yang baik bagi masyarakat,” lanjutnya.

Saiful meminta kepada 142 desa yang hadir dan terlibat dalam Desa Melangkah 2017 untuk tidak sungkan mengenalka­n potensinya. Desa harus aktif. ”Harus kreatif, harus punya ide yang bagus, harus lebih baik lagi,” ujarnya.

Sepuluh desa yang mendapatka­n penghargaa­n diminta maju ke panggung. Bupati Saiful Ilah, Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan, dan Direktur PT Jawa Pos Koran Ivan Firdaus naik ke panggung untuk memberikan penghargaa­n.

Salah satu penerima penghargaa­n adalah Desa Kalanganya­r, Kecamatan Sedati. Kepala Desa Kalanganya­r Irham Taufiq terbantu dengan program desa melangkah. ”Itu benarbenar memotivasi desa lain untuk berprestas­i juga,” katanya. Dia berharap program Desa Melangkah 2018 bisa lebih inovatif.

Desa Pangkemiri, Kecamatan Tulangan Desa Keboan Anom, Kecamatan Gedangan

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ??
BOY SLAMET/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia