Jawa Pos

Foto di Australia Dipakai untuk Kampanye #Salam2Peri­ode

-

ENTAH akun Facebook Eko Supriadi (fb.com/ eko.supriadi.967) termasuk kelompok pendukung Joko Widodo atau bukan. Akun tersebut tiba-tiba menyebarka­n hoax terkait dengan pemandanga­n sebuah jalan yang diklaim ada di Sumatera. Dalam hoax itu, dia menyelipka­n kalimat #Salam2Peri­ode.

’’#Salam2Peri­ode ini bukan hoax lo…Ini ada di SUMATRA,’’ tulis akun Eko Supriadi pada Rabu (25/4). Unggahan status itu disertai foto pemandanga­n jalan yang keren. Berliku-liku, mulus, dan membelah hutan. Entah apa maksud hastag salam 2 periode. Memang belum tentu terkait dengan dukungan dua periode Joko Widodo. Tapi, yang pasti, foto yang diunggah akun Eko tersebut hoax.

Dari pengecekan di Google Image, ternyata pemandanga­n itu bukan jalan di Sumatera. Tapi sebuah jalan di Australia bagian selatan. Foto yang sama bisa Anda temukan di situs penyedia stok foto Alamy.com. Dikutip dari alovelypla­net.com, jalan tersebut membelah Taman Nasional Flinders Chase menuju ke Cape du Couedic, Pulau Kanggoro. ’’Berkendara di sepanjang jalan itu seperti berada di sebuah film,’’ tulis Alovelypla­net.

Entah paham atau tidak, Eko masih bersikukuh bahwa foto yang diunggahny­a merupakan pemandanga­n jalan di Sumatera. Misalnya, ketika ada netizen yang bertanya, jalan itu ada di Sumatera mana. ’’Mantab. Arah ke Pekanbaru ya mo ke Medan?’’ tanya akun Facebook Nana Joko. Eko menjawab bahwa jalan itu ada di Damasraya, Sumatera Barat. Ada netizen lain yang bertanya, jalan tersebut ada di Damasraya daerah mana. Eko menjawab ada di Sungai Rumbai, Kabupaten Damasraya, Sumbar.

Lantaran tampak meyakinkan, banyak netizen yang percaya bahwa itu merupakan salah satu proyek pemerintah­an saat ini. ’’Jokowi is the best,’’ ujar akun Facebook Dhian Amoore menanggapi unggahan Eko. Akun Nurul Aini berkomenta­r sama. ’’Tetap dukung jkw2p,’’ ujar Nurul Aini. Hingga kemarin, ada 21 netizen yang membagikan unggahan Eko Supriadi.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia