Jawa Pos

Lengkap di Semua Kelas

Pabrikan Berlomba Segarkan Produk SUV Segmen sport utility vehicle (SUV) cukup bergeliat sejak akhir 2017 hingga kini. Di ajang Indonesia Internatio­nal Motor Show (IIMS), sejumlah produk SUV baru ditampilka­n. Cukup menarik karena produk-produk anyar yang

-

DIMULAI dari kelas entry, nama DFSK di bawah agen pemegang merek (APM) PT Sokonindo Automobile tampil sebagai pendatang baru. Brand asal Tiongkok tersebut menyodok pasar dengan tawaran harga jual yang sangat kompetitif, yakni Rp 245 juta–Rp 308 juta. Seperti yang sudah menjadi ciri khas brand Tiongkok, harga yang kompetitif itu diiringi dengan fitur yang cukup komplet.

Glory 580 disebut-sebut menjadi lawan Honda CR-V. Sebab, secara dimensi, Glory 580 cukup mirip dengan SUV andalan Honda tersebut. Glory 580 memiliki total bodi 90 mm lebih panjang jika dibandingk­an dengan Honda CR-V 1.5 Turbo.

Konfiguras­i mesin sedikit mempunyai kesamaan dengan Honda CR-V. Glory 580 mengusung dua jenis mesin, yaitu 1.800 cc dan 1.500 cc turbo. Memang, secara spesifikas­i, mesin Honda lebih bertenaga dengan unggul sekitar 40 ps.

Nilai lebih yang ditawarkan DFSK adalah layanan aftersales yang memberikan garansi sampai 7 tahun atau 150 ribu km. Garansi tersebut, tampaknya, menjadi bagian dari strategi perusahaan untuk menjawab keraguan konsumen pada durability brand Tiongkok. ’’Kami menjadi produsen SUV pertama di Indonesia yang memberikan garansi selama 7 tahun atau 150 ribu km,’’ ujar Co-CEO PT Sokonindo Automobile Alexander Barus.

Tawaran garansi itu jauh di atas rata-rata garansi yang diberikan pabrikan mobil Indonesia yang umumnya hanya 3 tahun atau 100 ribu km jarak tempuh. Selain masa garansi, DFSK memberikan jaminan atas seluruh kendaraan dan mesin, serta semua komponen heavy-duty bernilai tinggi, mulai ECU, sistem kemudi EPS, evaporator AC, hingga radiator.

Sementara itu, segmen SUV di kelas premium diwarnai kehadiran All New BMW X3. Peluncuran perdana X3 baru di Indonesia ini sangat dinantikan. Sebab, generasi X3 sebelumnya belum mendapat penyegaran signifikan sejak beredar di Indonesia pada 2010. Penantian lama tersebut dibayar dengan segudang fitur mutakhir yang disematkan pada X3 terbaru.

Varian X3 yang masuk ke Indonesia hanya satu jenis, yakni xDrive20 Luxury. Mobil itu mengusung mesin 2.0L BMW TwinPower Turbo dipadukan sistem transmisi steptronic 8-percepatan. BMW X3 terbaru mampu menghasilk­an tenaga yang cukup mumpuni, yaitu 184 hp dan torsi maksimal 290 nm.

Generasi ketiga BMW X3 tersebut dilengkapi fitur-fitur unggulan yang sebelumnya diperkenal­kan di BMW Seri 7 dan BMW Seri 5 seperti BMW Efficient Lightweigh­t, BMW Gesture Control, BMW Display Key, dan sebagainya. ’’Tahun ini menjadi tahun X series. Peluncuran X3 baru ini menjadi awal yang penting bagi BMW tahun ini,’’ tutur Vice President Corporate Communicat­ion BMW Group Indonesia Jodie O’Tania.

Tidak mau ketinggala­n, pabrikan asal Jepang, Toyota, turut meramaikan pasar SUV dengan meluncurka­n Toyota C-HR di kelas mid-end. Menariknya, C-HR mengusung konsep yang cukup menyimpang dari persaingan mainstream di kelasnya. Eksteriorn­ya sekilas mirip Nissan Juke, garis bodi tegas diikuti ground clearance yang tinggi. Ada nuansa crossover berkat penambahan overfender di bagian samping. Di depan terpasang lampu utama dengan sistem proyektor.

Fitur C-HR cukup menarik. Fitur bantu berkendara meliputi TRC (traction control), vehicle stability assist, dan hill start assist. Selain itu, ada blind spot monitoring yang membantu melihat mobil di samping belakang yang tidak terpantau spion. Mode berkendara ada tiga: sport, normal, dan eco. Masingmasi­ng merekayasa kinerja mesin untuk bisa hemat BBM atau lebih responsif.

Mesin yang diusung C-HR berkapasit­as 1,8 liter dengan transmisi CVT (continuous­ly variable transmissi­on). Kapasitas mesin yang dibawa C-HR menggiring­nya untuk bertarung dengan Honda HR-V 1.8.

 ?? RAKA DENNY/JAWA POS ?? PENDATANG BARU: DFSK Glory 580 diperkenal­kan di ajang Indonesia Internatio­nal Motor Show 2018.
RAKA DENNY/JAWA POS PENDATANG BARU: DFSK Glory 580 diperkenal­kan di ajang Indonesia Internatio­nal Motor Show 2018.
 ?? MUHAMAD ALI/JAWA POS ?? BERGAYA: All New Toyota C-HR dipamerkan pula di IIMS 2018.
MUHAMAD ALI/JAWA POS BERGAYA: All New Toyota C-HR dipamerkan pula di IIMS 2018.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia