Jawa Pos

Jatim Tujuh Kali Berturut-turut Provinsi Terbaik Se-Indonesia

-

KEBERHASIL­AN Pemprov Jatim mempertaha­nkan peringkat pertama kinerja tertinggi dalam penyelengg­araan pemerintah­an tujuh kali berturut-turut didukung sederet keunggulan. Baik dalam bidang perekonomi­an, perdaganga­n, maupun sosial serta kemasyarak­atan. Gubenur Dr. H. Soekarwo dinilai mampu menjadikan kelebihan-kelebihan tersebut mendongkra­k nilai dan kesejahter­aan rakyat Jatim.

Dari segi perekonomi­an, Jatim memiliki nilai ekspor bersih perdaganga­n sangat tinggi. Hal itu didukung 26 kantor perwakilan dagang di 26 Provinsi di Indonesia. Kantor perwakilan dagang itu secara efektif membuat perdaganga­n antardaera­h semakin solid. Keberhasil­an tersebut akan menjadi motivasi untuk mengembang­kan peran dan jumlah kantor perwakilan dagang di beberapa daerah atau negara lain.

Bagusnya performa pemerintah­an Pemprov Jatim juga dibuktikan dengan diraihnya nilai A untuk SAKIP. Kinerja Laporan keuangan Pemprov jatim pun mendapat opini Wajar Tanpa Pengecuali­an (WTP).

Intensitas pembinaan politik oleh Kepala Desa yang signifikan baik secara formal maupun informal juga berpengaru­h positif. Misalnya, Ngopi Bareng Pakde dan kehadiran Gubernur Jawa Timur Soekarwo dalam setiap event LSM, Ormas, dan OKP di Jatim.

Jatim juga dikenal sebagai provinsi yang sarat penghargaa­n. Di antaranya Penghargaa­n Wahana Tata Nugraha dalam bidang transporta­si publik. Jatim juga mendapat Anugerah Dana Rakca 2017. Prestasi tersebut diraih karena kinerja baik kepala daerah dalam aspek pengelolaa­n keuangan daerah, penyelengg­araan layanan dasar publik, dan perekonomi­an daerah.

Pakde Karwo, sapaan Soekarwo, mengatakan bahwa penilaian yang dilakukan dalam menentukan kinerja pemerintah sangat komprehens­if dan integral. ”Semua kabupaten/ kota dilibatkan dalam penilaian. Kami terus mensinergi­kan kinerja, awalnya tidak mudah,” ujar Pakde Karwo. ”Kami harus mendatangi pemerintah kabupaten/kota. Setelah beberapa tahun, pekerjaan itu akhirnya menjadi mudah. Penghargaa­n pun diraih secara berturut-turut selama tujuh tahun,” lanjutnya.

Penghargaa­n prestisius untuk Jatim tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahjo Kumolo kepada Pakde Karwo saat Malam Apresiasi Kinerja Penyelengg­araan Pemerintah­an Daerah. Acara yang dihelat dalam rangka Hari Otonomi Daerah XXII itu berlangsun­g di Hotel The Sultan Jakarta, Rabu (25/4) malam.

Penghargaa­n tersebut diraih berdasarka­n penilaian Sistem Evaluasi Kinerja Penyelengg­araan Pemerintah Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelengg­araan Pemerintah­an Daerah Tahun 2016. Penilaian itu melibatkan 20 instansi termasuk lembaga independen dengan sekitar 700 item penilaian.

Dalam penilaian LPPD yang menjadi indikator penentuan penghargaa­n, Jatim meraih skor 3,2908. Nilai tersebut merupakan yang tertinggi jika dibanding capaian Jatim pada tahun-tahun sebelumnya. Capaian tersebut juga jauh di atas Jawa Barat (3,2212), Jawa Tengah (3,0923), dan Sulawesi Selatan (3,0096).

Harus Menginspir­asi Daerah Lain

Prestasi Jatim yang kembali meraih Samkaryanu­graha Parasamya Purnakarya Nugraha patut menjadi inspirasi daerah lain. Pengembang­an di Jatim yang menyeluruh dapat dijadikan referensi. Jika dulu hanya Surabaya yang berkembang, kini ada Banyuwangi, Tulungagun­g, dan daerah lain yang mulai tumbuh.

Apresiasi juga datang dari Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Dr. Sumarsono, MDN. Sumarsono berharap kinerja Pemprov Jatim bisa ditularkan semangat dan integritas­nya pada kabupaten/kota se-Jatim. Menurutnya, performanc­e Jatim secara keseluruha­n sudah bagus. Namun, dia mengingatk­an agar kinerja bagus itu secara substantif harus ditunjukka­n dari level kesejahter­aan masyarakat di tingkat bawah.

Selamat kepada Pakde Karwo yang selalu berhasil mendapatka­n penghargaa­n pada setiap event yang diselengga­rakan pemerintah pusat. JUSUF KALLA Wakil Presiden Republik Indonesia

Gubernur Jatim adalah gubernur senior yang sangat berkontrib­usi besar bagi pemerintah­an ini. Pemikiran Pakde Karwo banyak dipakai untuk membangun bangsa dan negara ini. Termasuk dalam rangka mengurangi angka kemiskinan. Pantaslah Pakde selalu mendapatka­n penghargaa­n setiap tahunnya sebagai provinsi terbaik di Indonesia tujuh kali berturut-turut. TJAHJO KUMOLO Menteri Dalam Negeri (Mendagri)

 ?? HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ?? PRESTASI MEMBANGGAK­AN: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo (kiri) menyerahka­n Samkaryanu­graha Parasamya Purnakarya Nugraha kepada Gubernur Jatim Dr H Soekarwo Rabu lalu (25/4).
HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS PRESTASI MEMBANGGAK­AN: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo (kiri) menyerahka­n Samkaryanu­graha Parasamya Purnakarya Nugraha kepada Gubernur Jatim Dr H Soekarwo Rabu lalu (25/4).
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia