Jawa Pos

Ajak Pelaku UKM Kunjungi Solo-DIJ

-

SURABAYA – Dewan kerajinan nasional daerah (dekranasda) terus berupaya meningkatk­an kualitas produk agar lebih berdaya saing. Salah satunya, mengajak para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) sektor kerajinan untuk bertukar pikiran dengan para perajin batik di Solo, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Jogjakarta.

Kegiatan itu dilaksanak­an selama dua hari, yaitu pada 25–26 April. Ketua Dekranasda Jatim Nina Soekarwo mengunjung­i beberapa perajin batik. Di antaranya, Batik Karlina Solo, Batik Gunawan Solo, dan Afif Collection.

Mengajak para pelaku UKM Jatim ke perajin batik di Solo dan DIJ diyakini Bude Karwo –sapaan karib Nina Soekarwo– dapat meningkatk­an daya saing UKM Jatim, khususnya menghadapi era perdaganga­n bebas. Kunjungan tersebut juga merupakan upaya membumikan batik agar tetap lestari dan terus dicintai masyarakat Indonesia dan dunia.

”Silaturahm­i ini menambah wawasan baru bagi para pelaku UKM untuk terus meningkatk­an kualitas batik. Juga bisa belajar manajemen berorganis­asi sehingga bisa bersaing dan membuat inovasi baru,” ujarnya saat mengunjung­i Paguyuban Sekar Jagad dan Afif Collection, DIJ, kemarin (26/4).

Menurut Nina, Solo dan DIJ menjadi kiblat dalam perkembang­an batik di Nusantara, khususnya Paguyuban Pencinta Batik Sekar Jagad yang memiliki visi dan misi. Yaitu, batik lestari di dunia.

Diharapkan, melalui kunjungan itu, akan terjalin kerja sama antara Sekar Jagad dan Dekranasda Jatim maupun dengan para perajin menjadikan batik tetap eksis di bumi Nusantara. ”Perajin batik dari Jatim harus banyak belajar dari Solo dan DIJ. Salah satunya, harus ada sisi di modernisas­i,” ungkapnya.

Menurut Nina, setiap batik harus mengandung sebuah filosofi. Di Jatim sudah banyak batik yang dihasilkan, tetapi harus diperkuat filosofi di dalamnya. Dengan begitu, akan memiliki nilai tambah.

 ?? HUMAS PEMROV JATIM FOR JAWA POS ?? BELAJAR: Ketua Dekranasda Jatim Nina Soekarwo ikut membatik.
HUMAS PEMROV JATIM FOR JAWA POS BELAJAR: Ketua Dekranasda Jatim Nina Soekarwo ikut membatik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia