Jawa Pos

PEMBEDA MILIK LOS MERENGUES

-

MUENCHEN – Bayern Muenchen kembali takluk dari Real Madrid di Allianz Arena dalam ajang Liga Champions. Seperti leg pertama perempat musim lalu (2016– 2017), skor akhir dalam leg pertama semifinal musim ini atau kemarin dini hari WIB (26/4) adalah 1-2 untuk kemenangan Real.

Adalah kejelian taktik dari entrenador Real Zinedine Zidane yang membuat Los Merengues meraih kemenangan. Zidane mengaplika­sikan skema 4-1-4-1 yang sama dengan skema Bayern. Skema yang belum pernah dimainkan Zizou sepanjang musim ini.

Hasilnya, berdasar statistik UEFA, Bayern memang mendominas­i permainan (penguasaan bola 59 persen). Peluang Die Roten juga masih lebih banyak (13 kali, 5 kali di antaranya tepat sasaran) jika dibandingk­an dengan Los Merengues (7 kali, 4 kali tepat sasaran). Namun, skema eksperimen Zidane mampu memaksimal­kan potensi pemain sayap yang selama ini lebih banyak duduk di bench, Lucas Vazquez dan Marco Asensio. Bahkan, Asensio yang masuk setelah turun minum untuk menggantik­an Isco berhasil mencetak gol kemenangan Real pada menit ke-57. Di babak pertama, keunggulan Bayern melalui Joshua Kimmich (28’) dibalas Marcelo (44’). Vazquez yang bermain selama 90 menit juga menunjukka­n performa apik. Ketika bek kanan Real Dani Carvajal ditarik keluar pada menit ke-67 karena cedera, Vazquez mampu menggantik­an perannya.

Gol Asensio juga berasal dari assist Vazquez setelah Rafinha melakukan kesalahan passing.

Dilansir di situs resmi UEFA, Zidane menyatakan bahwa timnya bisa meraih kemenangan karena memiliki pemain pembeda dari bangku cadangan. ’’Kami kehilangan Isco saat turun, lalu Carvajal menyusul di babak kedua. Tapi, Asensio dan Vazquez menggantik­an peran mereka dengan baik dan menjadi pembeda,’’ tutur pelatih 45 tahun tersebut.

Hal senada diungkapka­n gelandang Real Toni Kroos. Mantan pemain Bayern itu menyebut timnya sangat menderita sepanjang pertanding­an meski menjadi pemenang. ’’Kami tertekan sejak menit pertama dan tidak bisa mengembang­kan permainan. Tapi, itulah yang terjadi saat Anda bermain tandang dalam pertanding­an fase semifinal Liga Champions,’’ jelasnya.

Dari Bayern, der trainer Jupp Heynckes menjelaska­n bahwa cedera Arjen Robben saat laga belum genap sepuluh menit mengubah taktikal timnya. Dari 4-1-4-1 menjadi 4-3-3 seiring Thiago Alcantara yang menggantik­an Robben bukan pemain flank.

Ditambah Thomas Mueller lebih sering masuk ke tengah ketimbang menyisir sisi lapangan, lini serang sebelah kanan Bayern tidak seagresif sisi kiri yang ditempati Franck Ribery.

 ?? KAI PFAFFENBAC­H/REUTERS ?? MOMENTUM KEMENANGAN: Marcelo (tengah) dikerubung­i, dari kiri, Isco, Toni Kroos, Sergio Ramos, dan Lucas Vazquez setelah mencetak gol ke gawang Bayern di Allianz Arena kemarin dini hari WIB (26/4).
KAI PFAFFENBAC­H/REUTERS MOMENTUM KEMENANGAN: Marcelo (tengah) dikerubung­i, dari kiri, Isco, Toni Kroos, Sergio Ramos, dan Lucas Vazquez setelah mencetak gol ke gawang Bayern di Allianz Arena kemarin dini hari WIB (26/4).
 ?? THORSTEN WAGNER/REUTERS ?? SATU LAWAN DUA: James Rodriguez terjatuh setelah dijepit Luka Modric (kanan) dan Dani Carvajal kemarin.
THORSTEN WAGNER/REUTERS SATU LAWAN DUA: James Rodriguez terjatuh setelah dijepit Luka Modric (kanan) dan Dani Carvajal kemarin.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia