Jawa Pos

Menipis, Peluang ke Youth Olympic

Dua Pesenam Cedera karena Salah Mendarat

-

JAKARTA – Tim senam junior putra tampil kurang memuaskan di hari kedua 15th Junior Artistic Gymnastics Asian Championsh­ip 2018. Nomor meja lompat seakan menjadi mimpi buruk bagi pesenam muda Indonesia. Yofie Fahrezi Fifanani, Ronaldo Garda, dan Ibra Elbina mengalami cedera akibat kesalahan mendarat.

Abiyu dkk melakoni tiga nomor pertanding­an di Istora Senayan kemarin. Yakni, palang sejajar, palang tunggal, dan meja lompat. Ken Ritung menjadi pesenam pertama untuk menunjukka­n kebolehan gerakannya.

Gerakannya mengayun di atas dua palang, lalu berdiri di atas palang, terbilang mulus. Pendaratan­nya terbilang sempurna lantaran mampu langsung berdiri tegak dengan tangan tegak ke atas. Penonton pun lantas bertepuk tangan melihat gerakan sempurna itu.

Capaian Ken tidak diikuti dua rekannya, Abiyu Rafi dan Yofie. Gerakan awal hingga ayunan mereka terlihat rapi. Sayang, pendaratan keduanya tidak rapi.

Nahas bagi Yofie. Cedera lututnya kambuh setelah hari pertama lalu mengalami masalah ketika melakukan senam lantai. ”Apa yang dilakukan atlet di latihan sebenarnya bisa. Tapi, namanya pertanding­an banyak faktor yang menentukan,” ucap Manajer Tim Faisal Riza.

Bukan hanya itu, kondisi mental atlet yang masih labil juga ikut berpengaru­h. Tekanan ditonton banyak orang dan bertanding di level Asia merupakan pengalaman pertama mereka. Harapan untuk lolos ke Youth Olympics 2018 Argentina semakin tipis.

Praktis, hanya menyisakan Abiyu dan Ken yang mampu tampil konsisten. ”Untuk hasil pastinya, harus melihat peringkat dari negara lain. Semoga Abiyu maupun Ken bisa masuk,” harap Faisal.

Pada nomor palang tunggal, Indonesia menurunkan empat pesenam. Yakni, Ronaldo Garda, Abiyu, Ken, dan Ibra. Abiyu dan Ken melakukan twist serta pendaratan cukup baik. Meski sempat goyang dan mendarat dengan dua langkah. Justru petaka mengampiri Ronaldo dan Ibra.

Keduanya harus tersungkur karena tak mampu mendarat dengan baik. Engkel kanan Ronaldo bermasalah. Sementara itu, Ibra harus terguling serta mengalami cedera di kaki kanannya.

 ?? DERY RIDWANSAH/JAWA POS ?? JUNIOR: Pesenam Indonesia Trithalila tampil di nomor senam lantai kemarin.
DERY RIDWANSAH/JAWA POS JUNIOR: Pesenam Indonesia Trithalila tampil di nomor senam lantai kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia